Pesan Moral Dalam Tayangan Adzan Maghrib Di Rcti
DOI:
https://doi.org/10.29240/jdk.v4i1.885Keywords:
Adzan, Pesan Moral, Tayangan, Visual.Abstract
Dalam penelitian ini mengangkat tentang “Pesan Moral dalam Tayangan Adzan Maghrib di RCTI” pada periode 2014/2015 dengan tema ”Bertaubat”. Peneliti ini membahas tentang bagaimana pesan moral yang tekandung dalam adegan dan storyline dalam tayangan adzan maghrib di RCTI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis yang digunakan adalah semiotika menurut Roland Barthes. Analisis terhadap tayangan ini berdasarkan hasil wawancara kepada Tim Kreatif dan dokumentasi yang ditinjau dari unsur adegan-adegan pada pemeran utama dan storyline sebagai acuan pengolah data. Sebagai indikator dalam penelitian ini adalah terkait moral akhlak, diantaranya tawadhu’, lemah lembut, beramal shaleh, kasih sayang, sabar, dan pemaaf. Dari penelitian diketahui bahwa dalam tayangan adzan dengan tema “Bertaubat”, menampilkan beberapa adegan yang mengandung pesan moral positif. Pesan moral tersebut yaitu sifat tawadhu’ yang dilakukan saat bertemu orang lain dan orang yang lebih tua, sifat lemah lembut dalam pergaulan, beramal shaleh dalam menjalani kehidupan, kasih sayang yang penuh kepada seorang ibu, sabar dalam menjalani pergaulan dan kehidupan antar sesama manusia, serta senantiasa memberikan maaf kepada orang lain, meskipun orang tersebut telah berbuat jahat. Pesan akhir pada tayangan adzan tersebut adalah memaafkan antar sesama sebagai upaya untuk mendapatkan kemenangan dan persatuan.
Downloads
References
Armuza, Arham, Rahasia Dahsyatnya Adzan: Hayya Alal Falah, Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, 2010.
Hajjaj, Muh. Fauqi, Tasawuf Islam & Akhlak, Terj. Kamran As’at Irsyady & Fakhri Ghazali, Jakarta: Amzah,2011.
Ibrahim, Idi Subandi, Bercinta Dengan Televisi, Bandung: Remadja Rosdakarya, 1997. Khaled, Amr, Buku Pintar Akhlak, terj. Fauzi Faisal Bahreisy, Jakarta: Zaman, 2010.
Kuswadi, Wawan, Komunikasi Massa: Sebuah Ananlisis Media Televisi, Jakarta: Rineka Cipta, 1996.
Raco, J.R., Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Grasindo, 2010.
Rakhmat, Jalaluddin, Metode Penelitian Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya. Sobur, Alex, Semiotika Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Skripsi
Fathur Rozi, Makna Visual Tayangan Adzan, Jurnal Penelitian Ilmu Komunikasi, (Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2008).
Otong Roffy, Pesan Moral Islami Dalam Film “Negeri 5 Menara”, Skripsi Fak. Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, (Yogyakarta: Komunikasi dan Penyiaran Islam,2013).
Ita Basitha Firman, Kultural Islam Dalam Tayangan Adzan Maghrib Di RCTI, Skripsi Fak. Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah, (Jakarta: Komunikasi dan Penyiaran Islam,2014).
Website
Rajawali Citra Televisi Indonesia, Profile Perusahaan, dalam http://www.rcti.tv/profile/ view/1/Profile%20Perusahaan.
Wawancara
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam program acara The Interview di Net Tv, 20 Oktober 2015.
Wawancara dengan Gandes Krisantyo, Kreatif Produksi Tayangan Adzan RCTI, 17 September 2105.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Dakwah dan Komunikasi agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).