Peran Kecerdasan Emosional Berbasis Nilai-Nilai Islam dalam Meningkatkan Efektivitas Komunikasi Antarpribadi
DOI:
https://doi.org/10.29240/jdk.v10i2.13832Keywords:
Kecerdasan Emosional, Komunikasi AntarpribadiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kecerdasan emosional berbasis nilai-nilai Islam dalam meningkatkan efektivitas komunikasi antarpribadi di era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi. Latar belakang masalah menunjukkan bahwa komunikasi antarpribadi yang efektif tidak hanya bergantung pada kemampuan verbal, melainkan juga pada kecerdasan emosional individu, yang sering kali menjadi sumber kesalahpahaman dan konflik jika tidak dikelola dengan baik. Dalam konteks Islam, nilai-nilai seperti pengendalian diri (sabr), empati (rahmah), dan kejujuran (shidq) selaras dengan prinsip kecerdasan emosional dan telah diajarkan melalui Al-Qur'an dan Hadis.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan menganalisis konsep-konsep teoritis dan hasil penelitian terdahulu yang relevan. Proses analisis meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan penelitian dijaga melalui triangulasi sumber dari berbagai literatur ilmiah.Hasil temuan menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, yang meliputi kesadaran diri, pengelolaan emosi, empati, dan keterampilan sosial, sangat berpengaruh terhadap komunikasi antarpribadi yang harmonis. Integrasi nilai-nilai Islam, seperti kejujuran, adab berkomunikasi, empati, dan ukhuwah Islamiyah, memberikan landasan moral dan spiritual yang kuat dalam mengelola emosi dan membangun relasi sosial yang sehat. Dengan demikian, kecerdasan emosional berbasis nilai-nilai Islam tidak hanya meningkatkan efektivitas komunikasi, tetapi juga menciptakan hubungan yang saling percaya, penuh kasih, dan terhindar dari konflik, sehingga berkontribusi pada terciptanya masyarakat yang damai dan beradab.
Downloads
References
Antoni, R., Ali, A. M., Suheri, Wahyudin, M., & Yansyah, D. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Membentuk Karakter Dan Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa. Unisan Jurnal: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, 03(10), 37–46.
Aqidah, J., & Ushuluddin, F. (2023). Gunung Djati Conference Series, Volume 19 (2023) CISS 4. 19, 754–761.
Chintya, R., & Sit, M. (2024). Analisis Teori Daniel Goleman dalam Perkembangan Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini. Absorbent Mind, 4(1), 159–168. https://doi.org/10.37680/absorbent_mind.v4i1.5358
Firdaus, A. Al, & Firmansyah, H. (2025). Membangun Solidaritas Sosial dalam Perspektif Al- Qur ’ an Prinsip Building Social Solidarity from the Perspective of the Qur ’ an : The Principle of Ukhuwah Islamiyah. 76.
HM, E. M. (2016b). Mengelola Kecerdasan Emosi. Tadbir, 2(2), 1–16..
Kafa, M. G., Fajri, M. N., Mukti, T. B., & Komunikasi, P. (2023). Pola Komunikasi Efektif Dalam Moderasi Beragama : Membangun Dialog Harmonis , d. 8(1), 13–33.
Maitrianti, C. (2022). Hubungan Antara Kecerdasan Intrapersonal Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 28(4), 291–305. https://doi.org/10.1016/j.intman.2022.100969
Nafhah, A., Hanafi, I., dan Konseling Pendidikan Islam, B., Tarbiyah, F., Madura, I., Raya Panglegur, J., & Timur, J. (2020). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Program Layanan Sistem Kredit Semester. Jurnal BK Pendidikan Islam, 1(2), 48–59.
Novrianto, L. M., Rahamma, T., & Fatima, J. M. (2014). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Etika Komunikasi Mahasiswa dalam Menciptakan Atmosfer Akadmemik di Universitas Islam Makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA, 3(3), 179–185.
Purnama, F. (2019). Pemikiran Parni Hadi tentang Jurnalisme. 3, 35–52. https://doi.org/10.15575/cjik.v3i1.5035
Puspita, S. M. (2019). Kemampuan Mengelola Emosi Sebagai Dasar Kesehatan Mental Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program …Jurnal Program Studi PGRA, 5, 82–92.
Sa’idah, M. (2023). Kecerdasan Emosional Dalam Pendidikan Islam. ILUMINASI: Journal of Research in Education, 1(1), 45–58. https://doi.org/10.54168/iluminasi.v1i1.165
Saptoto, R. (2010). Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Kemampuan Coping Adaptif. Juni, 37(2010), 13–22.
Sarnoto, A. Z., & Rahmawati, S. T. (2020). Kecerdasan Emosional Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Statement : Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 10(1), 21–38. https://doi.org/10.56745/js.v10i1.17
Sihanua, M. (2022). AL-KHIYAR : Jurnal Bidang Muamalah dan Ekonomi Islam. 2(1), 1–12. https://doi.org/10.36701/al-khiyar.v2i1.478
Singh, A., Prabhakar, R., & Kiran, J. S. (2022). Emotional Intelligence: A Literature Review Of Its Concept, Models, And Measures. Journal of Positive School Psychology, 6(10), 2254–2275. http://journalppw.com
Singh, S. (2004). Development of a Measure of Emotional Intelligence. Psychological Studies, 49(2–3), 136–141.
Sultan, M., Kamaluddin, K., & Fitriani, F. (2023). Harmonisasi Sosial Keagamaan dan Kemasyarakatan Dalam Pandangan Islam dan Kong Hu Cu. Jurnal Penelitian Medan Agama, 14(1), 1. https://doi.org/10.58836/jpma.v14i1.14763
Suryani, W. (2022). Etika Komunikasi Dalam Islam. Saf: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(2), 22–37.
Takada, A. (2019). Socialization practices regarding shame in Japanese caregiver-child interactions. Frontiers in Psychology, 10(JULY), 1–14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01545
Tasbih, M. I., Tarmizi, M., Hasri, S., Islam, U., Sultan, N., & Kasim, S. (2024). Kecerdasan Emosional Dalam Pandangan Al-Qur ’ an. 6(3), 13–24.
Vienlentia, R. (2021). Peran Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Regulasi Emosi Anak Dalam Belajar. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 5(2), 35–46.
Webinar, P., Ulama, I., Dan, T., & Di, H. (2021). Prosiding webinar internasional ulama tafsir dan hadis di nusantara. 237–245.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Abdul Fikri Ginting, Amran Pikal Siregar, Lahmuddin Lubis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Dakwah dan Komunikasi agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).