Peran Kecerdasan Emosional Berbasis Nilai-Nilai Islam dalam Meningkatkan Efektivitas Komunikasi Antarpribadi

Authors

  • Abdul Fikri Ginting Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Amran Pikal Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Lahmuddin Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29240/jdk.v10i2.13832

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Komunikasi Antarpribadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kecerdasan emosional berbasis nilai-nilai Islam dalam meningkatkan efektivitas komunikasi antarpribadi di era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi. Latar belakang masalah menunjukkan bahwa komunikasi antarpribadi yang efektif tidak hanya bergantung pada kemampuan verbal, melainkan juga pada kecerdasan emosional individu, yang sering kali menjadi sumber kesalahpahaman dan konflik jika tidak dikelola dengan baik. Dalam konteks Islam, nilai-nilai seperti pengendalian diri (sabr), empati (rahmah), dan kejujuran (shidq) selaras dengan prinsip kecerdasan emosional dan telah diajarkan melalui Al-Qur'an dan Hadis.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan menganalisis konsep-konsep teoritis dan hasil penelitian terdahulu yang relevan. Proses analisis meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan penelitian dijaga melalui triangulasi sumber dari berbagai literatur ilmiah.Hasil temuan menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, yang meliputi kesadaran diri, pengelolaan emosi, empati, dan keterampilan sosial, sangat berpengaruh terhadap komunikasi antarpribadi yang harmonis. Integrasi nilai-nilai Islam, seperti kejujuran, adab berkomunikasi, empati, dan ukhuwah Islamiyah, memberikan landasan moral dan spiritual yang kuat dalam mengelola emosi dan membangun relasi sosial yang sehat. Dengan demikian, kecerdasan emosional berbasis nilai-nilai Islam tidak hanya meningkatkan efektivitas komunikasi, tetapi juga menciptakan hubungan yang saling percaya, penuh kasih, dan terhindar dari konflik, sehingga berkontribusi pada terciptanya masyarakat yang damai dan beradab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antoni, R., Ali, A. M., Suheri, Wahyudin, M., & Yansyah, D. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Membentuk Karakter Dan Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa. Unisan Jurnal: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, 03(10), 37–46.

Aqidah, J., & Ushuluddin, F. (2023). Gunung Djati Conference Series, Volume 19 (2023) CISS 4. 19, 754–761.

Chintya, R., & Sit, M. (2024). Analisis Teori Daniel Goleman dalam Perkembangan Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini. Absorbent Mind, 4(1), 159–168. https://doi.org/10.37680/absorbent_mind.v4i1.5358

Firdaus, A. Al, & Firmansyah, H. (2025). Membangun Solidaritas Sosial dalam Perspektif Al- Qur ’ an Prinsip Building Social Solidarity from the Perspective of the Qur ’ an : The Principle of Ukhuwah Islamiyah. 76.

HM, E. M. (2016b). Mengelola Kecerdasan Emosi. Tadbir, 2(2), 1–16..

Kafa, M. G., Fajri, M. N., Mukti, T. B., & Komunikasi, P. (2023). Pola Komunikasi Efektif Dalam Moderasi Beragama : Membangun Dialog Harmonis , d. 8(1), 13–33.

Maitrianti, C. (2022). Hubungan Antara Kecerdasan Intrapersonal Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 28(4), 291–305. https://doi.org/10.1016/j.intman.2022.100969

Nafhah, A., Hanafi, I., dan Konseling Pendidikan Islam, B., Tarbiyah, F., Madura, I., Raya Panglegur, J., & Timur, J. (2020). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Program Layanan Sistem Kredit Semester. Jurnal BK Pendidikan Islam, 1(2), 48–59.

Novrianto, L. M., Rahamma, T., & Fatima, J. M. (2014). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Etika Komunikasi Mahasiswa dalam Menciptakan Atmosfer Akadmemik di Universitas Islam Makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA, 3(3), 179–185.

Purnama, F. (2019). Pemikiran Parni Hadi tentang Jurnalisme. 3, 35–52. https://doi.org/10.15575/cjik.v3i1.5035

Puspita, S. M. (2019). Kemampuan Mengelola Emosi Sebagai Dasar Kesehatan Mental Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program …Jurnal Program Studi PGRA, 5, 82–92.

Sa’idah, M. (2023). Kecerdasan Emosional Dalam Pendidikan Islam. ILUMINASI: Journal of Research in Education, 1(1), 45–58. https://doi.org/10.54168/iluminasi.v1i1.165

Saptoto, R. (2010). Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Kemampuan Coping Adaptif. Juni, 37(2010), 13–22.

Sarnoto, A. Z., & Rahmawati, S. T. (2020). Kecerdasan Emosional Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Statement : Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 10(1), 21–38. https://doi.org/10.56745/js.v10i1.17

Sihanua, M. (2022). AL-KHIYAR : Jurnal Bidang Muamalah dan Ekonomi Islam. 2(1), 1–12. https://doi.org/10.36701/al-khiyar.v2i1.478

Singh, A., Prabhakar, R., & Kiran, J. S. (2022). Emotional Intelligence: A Literature Review Of Its Concept, Models, And Measures. Journal of Positive School Psychology, 6(10), 2254–2275. http://journalppw.com

Singh, S. (2004). Development of a Measure of Emotional Intelligence. Psychological Studies, 49(2–3), 136–141.

Sultan, M., Kamaluddin, K., & Fitriani, F. (2023). Harmonisasi Sosial Keagamaan dan Kemasyarakatan Dalam Pandangan Islam dan Kong Hu Cu. Jurnal Penelitian Medan Agama, 14(1), 1. https://doi.org/10.58836/jpma.v14i1.14763

Suryani, W. (2022). Etika Komunikasi Dalam Islam. Saf: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(2), 22–37.

Takada, A. (2019). Socialization practices regarding shame in Japanese caregiver-child interactions. Frontiers in Psychology, 10(JULY), 1–14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01545

Tasbih, M. I., Tarmizi, M., Hasri, S., Islam, U., Sultan, N., & Kasim, S. (2024). Kecerdasan Emosional Dalam Pandangan Al-Qur ’ an. 6(3), 13–24.

Vienlentia, R. (2021). Peran Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Regulasi Emosi Anak Dalam Belajar. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 5(2), 35–46.

Webinar, P., Ulama, I., Dan, T., & Di, H. (2021). Prosiding webinar internasional ulama tafsir dan hadis di nusantara. 237–245.

Downloads

Published

09-08-2025

How to Cite

Abdul Fikri Ginting, Amran Pikal Siregar, & Lahmuddin Lubis. (2025). Peran Kecerdasan Emosional Berbasis Nilai-Nilai Islam dalam Meningkatkan Efektivitas Komunikasi Antarpribadi. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 350–365. https://doi.org/10.29240/jdk.v10i2.13832

Issue

Section

Articles

Citation Check