Boneka Tangan Sebagai Media Dakwah (Studi: Komunitas Kampung Dongeng Lampung Tengah)

Authors

  • Afi Luthfia Mahda Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Khomsahrial Romli Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Khairullah Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29240/jdk.v10i2.13599

Keywords:

Dakwah Media; Hand Puppets; Dakwah Innovation

Abstract

Penelitian ini berada dalam disiplin ilmu dakwah, dengan fokus pada penggunaan boneka tangan sebagai media dakwah oleh Komunitas Kampung Dongeng di Lampung Tengah. Masalah utama yang dibahas dalam penelitian ini adalah efektivitas penggunaan boneka tangan dalam menyampaikan pesan moral dan agama, terutama di tengah pengaruh budaya luar yang semakin kuat dalam kehidupan sehari-hari. Teori yang mendasari penelitian ini adalah Teori Pembelajaran Sosial yang dikembangkan oleh Albert Bandura. Teori ini menunjukkan bahwa boneka tangan dapat menjadi alat dakwah yang inovatif dan efektif, yang mampu meningkatkan keterlibatan emosional audiens serta mempermudah pemahaman ajaran Islam. Boneka berperan sebagai model yang menyampaikan nilai-nilai secara konkret dan menarik, sehingga audiens dapat belajar melalui observasi dan interaksi secara efektif. Tujuan artikel ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana implementasi, tantangan, dan keefektifan penggunaan boneka tangan dalam dakwah oleh Komunitas Kampung Dongeng Lampung Tengah, serta memberikan rekomendasi strategis untuk memaksimalkan dampak pesan agama. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa boneka tangan berhasil menarik perhatian, membangun hubungan emosional, dan menyampaikan nilai-nilai Islam dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Meskipun memiliki potensi besar, penelitian ini mengidentifikasi tantangan seperti pentingnya dukungan komunitas yang konsisten, pengelolaan durasi pertunjukan, dan menjaga konsistensi suara boneka. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap disiplin dakwah dengan menunjukkan potensi boneka tangan sebagai media dakwah yang kreatif, interaktif, dan efektif untuk pendidikan agama, serta memberikan wawasan untuk mengatasi tantangan dalam praktik dakwah kontemporer.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Sri Muliati. 2019. “Social Cognitive Theory : A Bandura Thought Review Published in 1982-2012.” Psikodimensia 18 (1): 85. https://doi.org/10.24167/psidim.v18i1.1708.

Abdurrahman, Muhammad Sufyan. 2020. “Generasi Muda , Agama Islam , Dan Media Baru : Perilaku Keagamaan Gerakan Shift Pemuda Hijrah Bandung.” Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah) 20 (1): 48–49. https://doi.org/10.15575/anida.v20i1.8713.

Achmad, Zainal Abidin, Rachmah Ida, Mustain, and Ronald Lukens-Bull. 2021. “The Synergy of Islamic Da’wah and Madura Culture Programmes on Nada FM Sumenep Radio, Indonesia.” Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication 37 (2): 111–29. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2021-3702-08.

Aisyah, Euis. 2019. “Strategi Komunikasi Komunitas Kampung Dongeng Medan Dalam Membangun Akhlakul Karimah Dan Kemampuan Berkomunikasi Pada Anak Di Kota Medan.” Jurnal Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Kajian Islam 6 (1): 102. https://doi.org/10.37064/jki.v6i1.5521.

Alkornia, Sylva. 2017. “Peran Komunikasi Interpersonal Dalam Penyebaran Teknologi Green Housedi Sanggar Kegiatan Belajar Situbondo.Pdf.” Kanal (Jurnal Ilmu Komunikasi) 6 (September): 41–54. https://doi.org/: https://doi.org/10.21070/kana.

Anggraeni, yona, Yohannes Kurniawan Barus, and Erif Ahdhianto. 2025. “Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Sikap Percaya Diri Siswa Di SDN 2 Sentul.” Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 6 (2): 221–35. https://doi.org/https://doi.org/10.51494/jpdf.v6i2.2059.

Anshar, Muhammad, Asni Djamereng, and Muh Ilham. 2024. “Content Analysis and Audience Receptions of Online Da’wah on YouTube Social Media.” Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication 40 (1): 173–87. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2024-4001-10.

Anwar, Rully Khairul, Evi Nursanti Rukmana, and Encang Saepudin. 2023. “Mendongeng Sebagai Metode Dakwah Edukatif Pembentuk Karakter Islami Anak.” Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah) 23 (2): 129–50. https://doi.org/10.15575/anida.v23i2.29361.

Azhari, Fadillah, Siti Bahiroh, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, and Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 2025. “Strategi Komunikasi Dalam Bimbingan Keagamaan Islam Lansia Di Rumah Pelayanan Sosial Lanjut Usia Terlantar” 7 (2024): 292–301.

Azizeh, Siti Nur. 2021. “Metode Kisah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Bercerita Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah.” Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman 7 (1): 88–114. https://doi.org/https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v7i1.188.

Bachtiar, M Anis. 2013. “Dakwah Kolaboratif: Model Alternatif Komunikasi Islam Kontemporer.” Jurnal Komunikasi Islam 3 (1): 152–68.

Bilqis, Tri Dewi, Muhammad Raudan Alfiani, Futry Ayu Gayatri, and Cuhandi. 2024. “Dramaturgi Dalam Media Sosial: Second Account Di Instagram Sebagai Self Disclosure.” Humanus : Jurnal Sosiohumaniora Nusantara 1 (2): 155–64. https://doi.org/10.62180/914e5g76.

Briandana, Rizki, Caturida Meiwanto Doktoralina, Shahir Akram Hassan, and Wan Norhaniza Wan Hasan. 2020. “Da’wah Communication and Social Media: The Interpretation of Millennials in Southeast Asia.” International Journal of Economics and Business Administration 8 (1): 216–26. https://doi.org/10.35808/ijeba/543.

Budiantoro, Wahyu. 2017. “Dakwah Di Era Digital Wahyu Budiantoro.” Pascasarjana Komunikasi Dan Penyiaran Islam IAIN Purwokerto 11 (1978–1261): 263–81. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/komunika.v11i2.1369.

Budiman, Haris. 2016. “Penggunaan Media Visual Dalam Proses Pembelajaran, Al-Tadzkiyyah: , Vol. 7, (2016), h. 177.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 7 (45): 177.

Burhanudin, Aan Mohamad. 2017. “Implementasi Dakwah Islamiyah Melalui Masres Di Desa Suranenggala Lor, Kec. Kapetakan, Kab.Cirebon.” Orasi 8 (1): 21–37.

Darihastining, Susi, Silvina Nur Aini, Siti Maisaroh, and Diana Mayasari. 2020. “Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (2): 1594–1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923.

Farihah, Irzum, Moh Muhtador, Muhamad Hasan Asyadily Shofaussamawati, and Muzakka Abdul Karim. 2021. “Syi ’ Ar Through Television : Assessing McDonaldization Da ’ Wah in the Month of.” Review of International Geographical Education Online 11 (8): 318–25. https://doi.org/10.48047/rigeo.11.08.31.

Farnfield, Steve. 2016. “The Child Attachment and Play Assessment (CAPA): Validation of a New Approach to Coding Narrative Stems with Children Ages 3’11 Years.” International Journal of Play Therapy 25 (4): 217–29. https://doi.org/10.1037/a0038726.

Fauziah, Arinal Haq, and Ishlakhatus Sa’idah. 2025. “Advokasi Kesetaraan Gender Melalui Pendidikan Sosial : Studi Peran Duta Genre.” Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial 1:859-876. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19162.

Fauziyah, Nur, and Raden Roro Martiningsih. 2025. “Effectiveness of Mathematics Learning Using the Google Sites Application at Junior High School.” JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika) 9 (1): 297–313. https://doi.org/http://journal.ummat.ac.id/index.php/jtam.

Fitriani, Nanda Elma, and Lina Amiliya S. 2023. “Dakwah Melalui Boneka (Studi Pada Ustadzah Lulu Susanti).” Tadbir Jurnal Manajemen Dakwah 5 (1): 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.24952/tadbir.v5i1.6857.

Fuad Raya, Moch. Khafidz. 2024. “Digital Religion: The Packaging And Persuasion of Celebrity Preachers in Contemporary Indonesia.” Journal for the Study of Religions and Ideologies 23 (67): 80–94.

Gusmayanti, Elsy, and Dimyati Dimyati. 2021. “Analisis Kegiatan Mendongeng Dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (2): 903–17. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1062.

Hamzah, Shukri Ahmad, Muhammad Luthfi Hamzah, Astri Ayu Purwati, and Tika Mutia. 2023. “Islamic Animation: Netnographic Analysis on Digital Processing Transformation in Social Media.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 6 (3): 372–85. https://doi.org/10.31538/nzh.v6i3.4054.

Hanum, Aliyah Nur’aini, Dewi Utami, and Widha Anistya Suwarso. 2022. “Disonansi Kognitif Masyarakat Kalimantan Barat Akibat Banjir Informasi Covid-19.” Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi 5 (1): 39–57. https://doi.org/10.33822/jep.v5i1.3454.

Harianto, Bambang, and Mochamad Karjadi. 2024. “Kreatifitas Dosen Pada Pembelajaran Elektronika Di Era Digital 5.0.” Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 5 (1): 633–40. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.818.

Hariyanto, Joni, Marliat, Muhammad Rizal Ansori, Syahri, and Reza Fahlepi. 2023. “The Role of Islamic Religious Education Teachers in Instilling Islamic Character Values in Senior High Schools 2 Oku Regency.” JKPI: Jurnal Konseling Pendidikan Islam 6 (2): 1045–53. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-110-4_100.

Hasanah, Umdatul, Khairil Anam, and Muassomah Muassomah. 2024. “Modernising Tradition: Reinforcing ASWAJA Al-Nahdhiyah Authority among Millennials in Indonesia.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 80 (1): 1–9. https://doi.org/10.4102/hts.v80i1.9425.

Hidayah, Arina Rohmatul. 2021. “Theorization the Use of Podcasts as an Alternative Medium of Da’wah and Its Impact on the Audience: The Case of Indonesia.” Pertanika Journal of Social Sciences and Humanities 29 (4): 2635–51. https://doi.org/10.47836/pjssh.29.4.29.

Hulliyah, Khodijah, Maghrisya Shudhuashar, William Santoso, Wilda Nurjannah, Murodi, and Mohammad Syairozi Dimyathi Ilyas. 2021. “Whatsapp Chatbot Implementation Using Node JS for a Da’wah Media Digitalization.” 2021 9th International Conference on Cyber and IT Service Management, CITSM 2021, no. August 2022. https://doi.org/10.1109/CITSM52892.2021.9588846.

Humam, Abdul Wadud Kasful, Nur Huda, and Ahmad Musonnif Alfi. 2025. “Dinamika Moderasi Beragama Di Rembang Jawa Tengah : Interaksi Nahdlatul Ulama Dan LDII Dalam Perspektif AGIL.” Empirisma: Jurnal Pemikiran Dan Kebudayaan Islam 34 (1): 49–78. https://doi.org/https://doi.org/10.30762/empirisma.v33i1.

Hutagalung, Inge. 2016. “Disonansi Kognitif Pada Perilaku Seks Pranikah.” Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia 1 (2): 71. https://doi.org/10.25008/jkiski.v1i2.52.

———. 2020. “Perilaku Komunikasi Santri Kota Tangerang Terkait Informasi Pornografi Melalui Internet.” Jurnal Kajian Komunikasi 8 (2): 265. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i2.24552.

Indah, Mutiara, Murtono, and Muqowim. 2025. “Tantangan Penyesuaian Mahasiswa Magister PGMI Terhadap Field Study Pada Mata Kuliah Islam Dan Ilmu Sosial Humaniora.” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 9 (2): 617–29. https://doi.org/10.35931/am.v9i2.4801.

Kanzunnudin, Mohammad. 2017. “Menggali Nilai Dan Fungsi Cerita Rakyat Sultan Hadirin Dan Masjid Wali At-Taqwa Loram Kulon Kudus.” Jurnal Kredo 1 (1): 31–43. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/kredo.v1i1.1748.

Komalasari, Bakti, and Adinda Tessa Naumi. 2016. “Strategi Komunikasi Pengelola Prodi KPI Dalam Menciptakan Iklim Organisasi Yang Kondusif.” Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 1 (1): 67–96. https://doi.org/https://doi.org/10.29240/jdk.v1i1.79.

Komarudin, Didin, and Ecep Ismail. 2025. “Hubungan Fanatisme Dan Kesehatan Mental Pada Komunitas Bts Army Indonesia Amino Bandung.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 19 (1): 1–16. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35931/aq.v19i1.4308.

Kustiawan, Muhamad Taufik, Mhd Rasidin, Doli Witro, Darti Busni, and Mufti Labib Jalaluddin. 2023. “Fragmentation Of Dakwah Media: Exploring Exclusive Islam in Indonesia Post-Reform Popular Islamic Novels.” Ulumuna 27 (1): 258–90. https://doi.org/10.20414/ujis.v27i1.530.

Lesilolo, Herly Janet. 2019. “Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah.” KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi 4 (2): 186–202. https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67.

Lestari, Cindy Arsy, and Khatibah. 2024. “Strategi Komunikasi Salam TV Dalam Menyiarkan Program Kisah Teladan Kepada Para Khalayak.” JDK: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 9 (1): 26–41.

Liang, Hui, Jian Chang, Ismail K. Kazmi, Jian J. Zhang, and Peifeng Jiao. 2017. “Hand Gesture-Based Interactive Puppetry System to Assist Storytelling for Children.” Visual Computer 33 (4): 517–31. https://doi.org/10.1007/s00371-016-1272-6.

Marwah, Marwah. 2022. “Stimulasi Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini Melalui Media Boneka Tangan.” Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3 (1): 34–42. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.76.

Masduki, Akh Muzakki, Imron Rosidi, and Toni Hartono. 2022. “Islam on the Air: The Struggle for Salafism through Radio in Indonesia.” Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies 12 (1): 59–84. https://doi.org/10.18326/ijims.v12i1.59-84.

Mayar, Farida, Ripa Natari, Herliana Cendana, Bebyi Riza Sativa Hutasuhut, Suci Aprilia, and Nurhikmah Nurhikmah. 2022. “Peran Dongeng Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (5): 4600–4607. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2615.

Mendayun, Iriyanti, and Dian Wardiana Sjuchro. 2019. “Efek Komunikasi Massa Program Citizen Report Di Radio PRFM Bandung.” Jurnal Kajian Jurnalisme 2 (1): 98–114. https://doi.org/10.24198/kj.v2i1.21320.

Muksin, Nani Nurani, Amin Shabana, and Moh Amin Tohari. 2019. “Pola Komunikasi Berbasis Mobile Phone Pekerja Migran Indonesia Di Penang Dengan Keluarga.” Jurnal Perspektif Komunikasi 3 (2): 79–90.

Muna, Kurnia Faizatul, and Fathurrohman Husen. 2023. “Media Dakwah Anak Dan Respons Masyarakat: Analisis SWOT Terhadap Animasi Nussa Dan Rarra.” JDK: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 8.

Nasruddin. 2021. “Kajian Kritis Akulturasi Islam Dan Budaya Lokal.” Rihlah: Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan 9 (1): 23–40. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/rihlah.v9i1.16744.

Nisa, Pia Khoirotun, Misnan Misnan, Murodi Murodi, and Arief Subhan. 2024. “Komunikasi Efektif Gaya Ceramah Ustadz Abdul Somad (UAS) Versus Adi Hidayat (UAH).” Wacana Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi 23 (204): 317–26. https://doi.org/https://doi.org/10.32509/wacana.v23i2.4290.

Nisa, Pia Khoirotun, Zakaria, and Alfina Nur Istiqomah. 2024. “Ustazah Oki Setiana Dewi’s Da’wah Communication Strategy on Social Media in Building Connectedness with Audience via YouTube.” Dakwah Jurnal Kajian Dakwah Dan Kemasyarakatan 28 (2): 132–50.

Nopriani, Yosi, Sri Saparahayuningsih, and Yulidesni. 2016. “Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dengan Metode Bercerita Melalui Media Boneka Jari.” Jurnal Ilmiah Potensia 1 (2). https://doi.org/10.33369/jip.1.2.121-128.

Noviandari, Harwanti, and Jawahirul Kawakib. 2016. “Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Self Efficacy Belajar Siswa.” Jurnal Psikologi 3 (2): 76–86.

Pimay, Awaludin, and Fania Mutiara Savitri. 2021. “Dinamika Dakwah Islam Di Era Modern.” Jurnal Ilmu Dakwah 41 (1): 43–55. https://doi.org/10.21580/jid.v41.1.7847.

Prajarto, N. 2018. “Netizen Dan Infotainment: Studi Etnografi Virtual Pada Akun.” Jurnal Ilmu Komunikasi, 33–46.

Pratiwi, Khairunnisa Hanan, Robinson Situmorang, and Tuti Iriani. 2024. “The Potential of Interactive Multimedia with Contextual Teaching and Learning Approaches in Mathematics Learning : A Systematic Literature Review.” Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia 10 (2): 69–77. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/1202424526.

Putra, Robby Aditya, Mochamad Aris Yusuf, and Maulida Fitri. "Dakwah Communication: An Alternative Way For Children Caused By Broken Home." KOMUNIKA 6.1 (2023): 45-65.

Putri, Salsabillah Malicha, and Deny Wahyu Apriadi. 2023. “Dramaturgi Dalam Motif Sharingdi Instagram Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.” Komunikasi Nusantara 5:31–42.

Rachmawati, Ike. 2019. “Strategi Komunikator Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pelanggan Air Minum Pdam Kota Sukabumi.” Kebijakan : Jurnal Ilmu Administrasi 10 (1): 47. https://doi.org/10.23969/kebijakan.v10i1.1421.

Rahman, Risha Nursabila, Dadang Sundawa, and Neiny Ratmaningsih. 2025. “Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Kegiatan Parents Day.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 14 (1): 565–74. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.1991.

Rahmatullah, Tansah. 2021. “Teknologi Persuasif : Aktor Penting Media Sosial Dalam Mengubah Sikap Dan Perilaku Pengguna.” Jurnal Soshum Insentif 4 (1): 60–78. https://doi.org/10.36787/jsi.v4i1.509.

Rahmawati, Tri Nurza. 2020. “Teknologi Mendukung Siswa Belajar Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terintegrasi.” Jurnal Soshum Insentif 3 (2): 133–42. https://doi.org/10.36787/jsi.v3i2.316.

Rijali, Ahmad. 2019. “Analisis Data Kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17 (33): 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.

Riza, Muhammad Himmatur. 2021. “Digitalisasi Dakwah Sebagai Upaya Membangun Peradaban Baru Islam Di Masa Pandemi Covid-19.” Fastabiq: Jurnal Studi Islam 2 (1): 45–61. https://doi.org/10.47281/fas.v2i1.33.

Rofiyanti, Eka, Dwi Agustina, and Muhammad Firzah. 2024. “Analisis Peran Media Sosial Sebagai Platform Komunikasi Dan Penyebaran Informasi Kebencanaan Di DKI Jakarta.” Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi 6 (2): 192–201. https://doi.org/10.31334/transparansi.v6i2.3366.

Rohmatulloh, Dawam Multazamy, Muhammad As’ad, and Robi’Ah Machtumah Malayati. 2022. “Gus Baha, Santri Gayeng, and the Rise of Traditionalist Preachers on Social Media.” Journal of Indonesian Islam 16 (2): 303–25. https://doi.org/10.15642/JIIS.2022.16.2.303-325.

Rolando, Dede Mercy, and Anafatun Walidah. 2021. “Komunikasi Budaya Dalam Teater Dulmuluk Perspektif Dramaturgi Erving Goffman.” Komunika 4 (1): 33–48. https://doi.org/10.24042/komunika.v4i1.7920.

Rosidi, Imron. 2021. “Da’wah and Politics among Muslim Preachers in Contemporary Indonesia.” Intellectual Discourse 29 (1): 35–52.

Rosidi, Imron, Khairunnas Rajab, and M Arrafie Abduh. 2024. “From Listening To Producing Ustaz Abdul Somad’s Active Audiences in Pekanbaru, Indonesia.” Ulumuna 28 (1): 1–23. https://doi.org/10.20414/ujis.v28i1.684.

Rustan, Ahmad Sultra, Sittijamilah Amin, Muhammad Haramain, and Nurhakki. 2020. “The Phenomenon of the Celebrity Preachers and the Awakening of the Religious Spirit of Millennial Generation in Indonesia.” International Journal of Advanced Science and Technology 29 (3 Special Issue): 1349–54. https://doi.org/10.4108/eai.1-10-2019.2291699.

Setiawati, Rini, et al. "Da’wah Among Urban Muslims In Indonesia." Akademika: Jurnal Pemikiran Islam 27.2 (2022): 217-230.

Sopiyah, Juntika Nurikhsan, and Anne Hafina. 2020. “Efektivitas Teknik Konseling Cognitive Behavioral Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Siswa Pada Pelajaran Matematika.” Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara 11 (2): 102–24. https://doi.org/10.37640/jip.v11i2.128.

Sriwahyuni, Ranti Ayu, and Agus Fakhruddin. 2025. “Pemaknaan Siswa Terhadap Kegiatan Pesantren Kilat Dalam Meningkatkan Ketaatan Beribadah.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 14 (1): 25–38. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v14i1.17048.

Subchi, Imam, Kusmana, Zulkifli, Dewi Khairani, and Rena Latifa. 2022. “Cyber Fatwa and Da’wah Acceptance in New Media: How Technology Affects Religious Message by Female Ulama.” Ahkam: Jurnal Ilmu Syariah 22 (1): 35–58. https://doi.org/10.15408/ajis.v22i1.23687.

Sulistyono, I. F.Bambang, Andrik Purwasito, and Nadia Sigi Prameswari. 2023. “Religious and Cultural Perspectives of Interiors: Gunungan Wayang Wahyu in the Catholic Church of Surakarta, Java, Indonesia.” ISVS E-Journal 10 (4): 231–46.

Sundaya, Jemi, Sudarwan Danim, Badeni Badeni, Manap Somantri, and Asti Putri Kartiwi. 2023. “Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Organizationalcitizenshipbehaviourguru Pada Efektivitas Pembelajaran.” Jurnal Konseling Dan Pendidikan 13 (1): 287–88.

Suradinata, Nadia Intan, and Ega Asnatasia Maharani. 2020. “Pengaruh Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berbicara Anak.” Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER) 1 (2): 72–81. https://doi.org/10.37985/joecher.v1i2.11.

Surianor. 2015. “Efektivitas Komunikasi Dakwah Melalui Radio.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 14 (27): 1–21. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/alhadharah/article/view/1225.

Suseno, Heru. 2017. “Pengembangan Multimedia With Concept Maps (MMCMaps) Mata Pelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMA.” Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK) 1 (2): 99. https://doi.org/10.25273/jpfk.v1i2.18.

Susilaningsih, Sri, Nuraeni Abbas, and Atip Nurharini. 2018. “Strategi Interactive Read Alouds Dalamoptimalisasi Keterampilan Pemahaman Dongeng Anak Di Sdn 01 Tawangmas Semarang.” Jurnal Penelitian Pendidikan 35 (1): 77–82.

Sutisna, Dede, Rohanda Rohanda, and Yusuf Ali Shaleh Atha. 2024. “Peran Sastra Arab Dalam Pelaksanaan Dakwah Islam.” Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah) 24 (November): 203–20. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/anida.v24i2.40800.

Tahir, M. 2023. “Effective Da’wah in the Era of Society 5.0 : The Perspective of Students in Indonesian State Islamic Higher Education.” Jurnal Dakwah Risalah 34 (1): 52. https://doi.org/10.24014/jdr.v34i1.23277.

Tsaqibul Fikri, Mohammad, and Suwiti. 2019. “Berkisah Melalui Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Di RA Muslimat Nurul Muttaqin.” Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam 4 (2): 140–55. https://doi.org/10.36840/ulya.v4i2.232.

Waluyo, Agung. 2017. “Skeptisme Profesional Auditor Dalam Mendeteksi Kecurangan.” Jurnal Akuntansi Bisnis, 18–45.

Yaqin, Ainul, Safitri Niken, and Edi Dharmana. 2018. “Efek Self Efficacy Training Terhadap Self Efficacy Dan Kepatuhan Diet Diabetesi.” Jurnal Ilmu Kesehatan 1 (1): 1–10. http://ojshafshawaty.ac.id/index.php/jikes/article/view/45/12.

Yusri, Fathayatul Husna. 2021. “Kajian Musawarah : Contemporary Da’Wah, Pious Identity and Virtual Ummah.” Jurnal Ilmiah Islam Futura 21 (1): 117–34. https://doi.org/10.22373/jiif.v0i0.5789.

Zamhari, Arif, and Muhamad Ibtissam Han. 2021. “Traditional Religious Authorities in New Media: A Study of The Cariustadz.Id Platform as An Alternative Cyber Fatwa and Da’wah Media among the Middle-Class Urban Muslims.” Ahkam: Jurnal Ilmu Syariah 21 (1): 65–88.

Zarkasi, Zarkasi, and Ahmad Taufik. 2019. “Implementasi Pembelajaran Fikih Berbasis Multimedia Interaktif Macro-Enabled Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa.” Syamil: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education) 7 (2): 169–88. https://doi.org/10.21093/sy.v7i2.1787.

Downloads

Published

24-10-2025

How to Cite

Mahda, A. L., Khomsahrial Romli, & Khairullah. (2025). Boneka Tangan Sebagai Media Dakwah (Studi: Komunitas Kampung Dongeng Lampung Tengah). Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 480–495. https://doi.org/10.29240/jdk.v10i2.13599

Issue

Section

Articles

Citation Check