Praktik Kehumasan Islam di Lembaga Modern, Studi Kasus Pada Dompet Dhuafa

Authors

  • Budi Setiadi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Ahmad Jundillah Al Hafidz Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Ahmad Farid Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • M. Yakub Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Halimatus Sa'diyah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29240/jdk.v10i1.13257

Keywords:

Islamic Public Relations, Dompet Dhuafa, Digital Technology, Social Media

Abstract

Penelitian ini mengkaji praktik kehumasan Islam di lembaga modern dengan studi kasus pada Dompet Dhuafa, sebuah lembaga filantropi Islam di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi komunikasi publik yang dijalankan oleh Dompet Dhuafa dapat mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam praktik Public Relations (PR), serta pemanfaatan teknologi dan media digital dalam mencapai audiens yang lebih luas. Melalui pendekatan kualitatif dan metode etnografi virtual, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang terkait dengan aktivitas kehumasan Dompet Dhuafa pada praktik komunikasi kepada masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dompet Dhuafa berhasil memadukan nilai-nilai Islam, seperti kejujuran (sidq), keadilan (adil), dan tanggung jawab (amanah) dalam strategi komunikasi mereka. Selain itu, penggunaan teknologi digital, termasuk media sosial, memungkinkan lembaga ini untuk lebih efektif dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah dan mengedukasi masyarakat tentang zakat, infak, sedekah, dan wakaf. Metode storytelling yang digunakan dalam kampanye PR mereka berhasil membangun hubungan emosional dengan audiens, sementara penggunaan teknologi membantu dalam transparansi dan akuntabilitas. Penelitian ini juga menyoroti tantangan yang dihadapi oleh lembaga zakat dalam menjaga keseimbangan antara pemanfaatan teknologi dan prinsip-prinsip Islam. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini memberikan wawasan tentang penerapan strategi PR berbasis Islam di lembaga modern serta rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas komunikasi publik dalam konteks lembaga zakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Book

Creswell, J. W. (2018). Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.; M. O. Heffernan, Ed.). London: Sage.

Fauzan, & Chotib, M. (2024). Sistem Informasi Manajemen Perspektif Islam (1st ed.; A. F. R. Bahri, Ed.). Yogyakarta: Diva Press.

Gunter, B. (2000). Media Research Methods (1st ed.). New Delhi: Sage Publication Ltd.

Hisyam, I. (2010). Sirah An-Nabawiyah (1st ed.). Kairo: Syirkah Ath-Thaba’ah Al-Faniyah Al-Muttahidah.

Khasali, R. (2003). Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia (1st ed.). Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Ruslan, R. (2005). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi (6th ed.). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Scott M. Cutlip, Allen H. Center, & Glen M. Broom. (2006). Effective Public Relations (10th ed.). Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Journal

Ajayi, O. A., & Mmutle, T. (2020). Corporate reputation through strategic communication of corporate social responsibility. Corporate Reputation through Strategic Communication, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.1108/CCIJ-02-2020-0047

Amri, A. D., Anjaya, M. H., & Humaira, H. R. (2023). Analisa Efisiensi Operasional Marketing Platform Filantropi Digital (Dompet Dhuafa & Kita Bisa). Innovative Journal Of Social Science Research, 3(2), 13710–13728.

Falah, Z. L. N., Sarbini, A., & Yuliani. (2016). Strategi Marketing Dompet Dhuafa dalam Peningkatan Kepercayaan Muzakki. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 1(2), 155–171.

Fatwa, A. F. (2010). Konflik dan Integrasi Masyarakat Muslim Ambon: Sebuah Analisis Hukum Islam terhadap Kekerasan atas Nama Agama di Ambon. Qualita Ahsana, 7(3), 2–17.

Firdaus, F. A., Zaki, I., & Herianingrum, S. (2023). The Role of Generation Z Through Online Platform In Optimazing of Zakat Literacy and Fundrasing. Azjaf: Azka International Journal of Zakat & Sosial Finance, 4(1), 13–22. https://doi.org/10.51377/azjaf.vol4no1.118

Hsu, C.-K. (2018). The “borrowed interest” appeal: Brands riding the wave of popular events and memes in the digital age. Journal of Brand Strategy, 7(3), 258–270.

Kirat, M. (2015). Mohamed Kirat. Int. J. Islamic Marketing and Branding, 1(1), 97–112.

Klewes, J., & Wreschniok, R. (2010). Reputation Capital: Building and Maintaining Trust in the 21st Century (1st ed.). New York: Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-642-01630-1

Nabihasnah, H. M., Alhayyu, M., & Gusmaneli. (2025). Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam Melalui Pendekatan Storytelling untuk Membentuk Akhlak Mulia Anak Usia Dini. Reflection : Islamic Education Journal, 2(2), 197–212. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/reflection.v2i2.793

Nasution, J. (2022). Strategi Digital Fundraising Zakat di Indonesia. Jurnal Edukasi Ekonomi, Pendidikan Dan Akutansi, 10(2), 143–154.

Nidzom, M. F., & Pradana, A. W. (2022). Islamic Communication Ethics: A General Principles. Proceeding International Conference on Religion, Science and Education, 1(1), 743–750.

Prastya, N. M. (2012). Perspektif Islam dalam Pendidikan Public Relations: Sebuah Peluang. Jurnal Komunikasi, 7(1), 55–72.

Putra, Robby Aditya, Exsan Adde, and Maulida Fitri. "Media dakwah TikTok untuk generasi Z." Ath-Thariq: Jurnal Dakwah dan Komunikasi 7.1 (2023): 58-71.

Rahmawati, Y. (2014). Manajemen Public Relations Sebagai Alat Etika Komunikasi Dalam Binis Islam. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 1(2).

Rosyidah, H., Nadia, & Fauziah, K. (2023). STRATEGI PUBLIC RELATIONS MAJALAH SUARA MUHAMMADIYAH DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI KORPORASI. Al-Ittishol, Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(2), 115–124.

Sari, I., Joman, A. D. A., & Khusaini. (2024). Urgensi Komunikasi Efektif Dalam Public Relations. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(11), 182–187.

Satira, A. U., & Hidriani, R. (2021). Peran Penting Public Relations Di Era Digital. Sadida: Islamic Communications Media Studies, 1(1), 179–202.

Setoutah, S., Jeljeli, R., Farhi, F., Mallek, M., Hassan, D., & Selim, N. (2024). Role of Two-Way Asymmetrical Communication in Sustaining Public Relations. Emerging Science Journal, 8(3), 1136–1151. https://doi.org/10.28991/ESJ-2024-08-03-020

Sofiawati, N. (2021). Managing Digital Fundraising of Dompet Dhuafa During Covid-19 Pandemic. Muharrik: Jurnal Dakwah Dan Sosial, 4(1), 377–394.

Waliyondi, G., Maruapey, M. H., & Saprudin. (2025). Implementasi Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Administrasi Publik di Rumah Tahanan Kelas I Depok. Ranah Research: Jurnal Multidisciplinary Research and Development, 7(4), 2545–2555. https://doi.org/https://doi.org/10.38035/rrj.v7i4

Zaini, A., Iksannudin, Rahmat, N., Alfaizie, M. A., & Redhuha, R. (2024). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial dalam Meningkatkan Efektivitas dan Aksesibilitas Penyebaran Informasi di KUA Kecamatan Jekan Raya. Nyiur-Dimas: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 86–95. Retrieved from http://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/nyiur/index

Zhou, H., & Ye, S. (2019). Fundraising in the Digital Era: Legitimacy, Social Network, and Political Ties Matter in China. International Society for Third - Sector Research, 32(2), 498–511. https://doi.org/10.1007/s11266-019-00112-9

Web Page on News Website

Dhuafa, D. (2023). Laporan Publik Tahunan. Retrieved from Dompet Dhuafa website: https://publikasi.dompetdhuafa.org/laporan-publik-tahunan

Toner, K. (2020, September 24). When Covid-19 hit, he turned his newspaper route into a lifeline for senior citizens. CNN. https://www.cnn.com/2020/06/04/us/coronavirus-newspaper-deliveryman-groceries-senior-citizens-cnnheroes-trnd/index.html

Downloads

Published

29-05-2025

How to Cite

Budi Setiadi, Ahmad Jundillah Al Hafidz, Ahmad Farid, M. Yakub, & Halimatus Sa’diyah. (2025). Praktik Kehumasan Islam di Lembaga Modern, Studi Kasus Pada Dompet Dhuafa. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(1), 137–149. https://doi.org/10.29240/jdk.v10i1.13257

Issue

Section

Articles

Citation Check