Praktik Kehumasan Islam di Lembaga Modern, Studi Kasus Pada Dompet Dhuafa
DOI:
https://doi.org/10.29240/jdk.v10i1.13257Keywords:
Islamic Public Relations, Dompet Dhuafa, Digital Technology, Social MediaAbstract
Penelitian ini mengkaji praktik kehumasan Islam di lembaga modern dengan studi kasus pada Dompet Dhuafa, sebuah lembaga filantropi Islam di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi komunikasi publik yang dijalankan oleh Dompet Dhuafa dapat mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam praktik Public Relations (PR), serta pemanfaatan teknologi dan media digital dalam mencapai audiens yang lebih luas. Melalui pendekatan kualitatif dan metode etnografi virtual, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang terkait dengan aktivitas kehumasan Dompet Dhuafa pada praktik komunikasi kepada masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dompet Dhuafa berhasil memadukan nilai-nilai Islam, seperti kejujuran (sidq), keadilan (adil), dan tanggung jawab (amanah) dalam strategi komunikasi mereka. Selain itu, penggunaan teknologi digital, termasuk media sosial, memungkinkan lembaga ini untuk lebih efektif dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah dan mengedukasi masyarakat tentang zakat, infak, sedekah, dan wakaf. Metode storytelling yang digunakan dalam kampanye PR mereka berhasil membangun hubungan emosional dengan audiens, sementara penggunaan teknologi membantu dalam transparansi dan akuntabilitas. Penelitian ini juga menyoroti tantangan yang dihadapi oleh lembaga zakat dalam menjaga keseimbangan antara pemanfaatan teknologi dan prinsip-prinsip Islam. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini memberikan wawasan tentang penerapan strategi PR berbasis Islam di lembaga modern serta rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas komunikasi publik dalam konteks lembaga zakat.
Downloads
References
Book
Creswell, J. W. (2018). Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.; M. O. Heffernan, Ed.). London: Sage.
Fauzan, & Chotib, M. (2024). Sistem Informasi Manajemen Perspektif Islam (1st ed.; A. F. R. Bahri, Ed.). Yogyakarta: Diva Press.
Gunter, B. (2000). Media Research Methods (1st ed.). New Delhi: Sage Publication Ltd.
Hisyam, I. (2010). Sirah An-Nabawiyah (1st ed.). Kairo: Syirkah Ath-Thaba’ah Al-Faniyah Al-Muttahidah.
Khasali, R. (2003). Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia (1st ed.). Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Ruslan, R. (2005). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi (6th ed.). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Scott M. Cutlip, Allen H. Center, & Glen M. Broom. (2006). Effective Public Relations (10th ed.). Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Journal
Ajayi, O. A., & Mmutle, T. (2020). Corporate reputation through strategic communication of corporate social responsibility. Corporate Reputation through Strategic Communication, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.1108/CCIJ-02-2020-0047
Amri, A. D., Anjaya, M. H., & Humaira, H. R. (2023). Analisa Efisiensi Operasional Marketing Platform Filantropi Digital (Dompet Dhuafa & Kita Bisa). Innovative Journal Of Social Science Research, 3(2), 13710–13728.
Falah, Z. L. N., Sarbini, A., & Yuliani. (2016). Strategi Marketing Dompet Dhuafa dalam Peningkatan Kepercayaan Muzakki. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 1(2), 155–171.
Fatwa, A. F. (2010). Konflik dan Integrasi Masyarakat Muslim Ambon: Sebuah Analisis Hukum Islam terhadap Kekerasan atas Nama Agama di Ambon. Qualita Ahsana, 7(3), 2–17.
Firdaus, F. A., Zaki, I., & Herianingrum, S. (2023). The Role of Generation Z Through Online Platform In Optimazing of Zakat Literacy and Fundrasing. Azjaf: Azka International Journal of Zakat & Sosial Finance, 4(1), 13–22. https://doi.org/10.51377/azjaf.vol4no1.118
Hsu, C.-K. (2018). The “borrowed interest” appeal: Brands riding the wave of popular events and memes in the digital age. Journal of Brand Strategy, 7(3), 258–270.
Kirat, M. (2015). Mohamed Kirat. Int. J. Islamic Marketing and Branding, 1(1), 97–112.
Klewes, J., & Wreschniok, R. (2010). Reputation Capital: Building and Maintaining Trust in the 21st Century (1st ed.). New York: Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-642-01630-1
Nabihasnah, H. M., Alhayyu, M., & Gusmaneli. (2025). Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam Melalui Pendekatan Storytelling untuk Membentuk Akhlak Mulia Anak Usia Dini. Reflection : Islamic Education Journal, 2(2), 197–212. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/reflection.v2i2.793
Nasution, J. (2022). Strategi Digital Fundraising Zakat di Indonesia. Jurnal Edukasi Ekonomi, Pendidikan Dan Akutansi, 10(2), 143–154.
Nidzom, M. F., & Pradana, A. W. (2022). Islamic Communication Ethics: A General Principles. Proceeding International Conference on Religion, Science and Education, 1(1), 743–750.
Prastya, N. M. (2012). Perspektif Islam dalam Pendidikan Public Relations: Sebuah Peluang. Jurnal Komunikasi, 7(1), 55–72.
Putra, Robby Aditya, Exsan Adde, and Maulida Fitri. "Media dakwah TikTok untuk generasi Z." Ath-Thariq: Jurnal Dakwah dan Komunikasi 7.1 (2023): 58-71.
Rahmawati, Y. (2014). Manajemen Public Relations Sebagai Alat Etika Komunikasi Dalam Binis Islam. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 1(2).
Rosyidah, H., Nadia, & Fauziah, K. (2023). STRATEGI PUBLIC RELATIONS MAJALAH SUARA MUHAMMADIYAH DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI KORPORASI. Al-Ittishol, Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(2), 115–124.
Sari, I., Joman, A. D. A., & Khusaini. (2024). Urgensi Komunikasi Efektif Dalam Public Relations. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(11), 182–187.
Satira, A. U., & Hidriani, R. (2021). Peran Penting Public Relations Di Era Digital. Sadida: Islamic Communications Media Studies, 1(1), 179–202.
Setoutah, S., Jeljeli, R., Farhi, F., Mallek, M., Hassan, D., & Selim, N. (2024). Role of Two-Way Asymmetrical Communication in Sustaining Public Relations. Emerging Science Journal, 8(3), 1136–1151. https://doi.org/10.28991/ESJ-2024-08-03-020
Sofiawati, N. (2021). Managing Digital Fundraising of Dompet Dhuafa During Covid-19 Pandemic. Muharrik: Jurnal Dakwah Dan Sosial, 4(1), 377–394.
Waliyondi, G., Maruapey, M. H., & Saprudin. (2025). Implementasi Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Administrasi Publik di Rumah Tahanan Kelas I Depok. Ranah Research: Jurnal Multidisciplinary Research and Development, 7(4), 2545–2555. https://doi.org/https://doi.org/10.38035/rrj.v7i4
Zaini, A., Iksannudin, Rahmat, N., Alfaizie, M. A., & Redhuha, R. (2024). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial dalam Meningkatkan Efektivitas dan Aksesibilitas Penyebaran Informasi di KUA Kecamatan Jekan Raya. Nyiur-Dimas: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 86–95. Retrieved from http://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/nyiur/index
Zhou, H., & Ye, S. (2019). Fundraising in the Digital Era: Legitimacy, Social Network, and Political Ties Matter in China. International Society for Third - Sector Research, 32(2), 498–511. https://doi.org/10.1007/s11266-019-00112-9
Web Page on News Website
Dhuafa, D. (2023). Laporan Publik Tahunan. Retrieved from Dompet Dhuafa website: https://publikasi.dompetdhuafa.org/laporan-publik-tahunan
Toner, K. (2020, September 24). When Covid-19 hit, he turned his newspaper route into a lifeline for senior citizens. CNN. https://www.cnn.com/2020/06/04/us/coronavirus-newspaper-deliveryman-groceries-senior-citizens-cnnheroes-trnd/index.html
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Budi, Juna, Farid, Yakub, Halima

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Dakwah dan Komunikasi agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).