Analisis Framing Pemberitaan Slogan "Slepet" Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar di Media Online Detik.com dan Kompas.com

Authors

  • Halimi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Totok Wahyu Abadi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29240/jdk.v10i1.13249

Keywords:

Slogan Slepet, Framing, Media Online

Abstract

Keberhasilan dan efektivitas perjuangan politik secara signifikan dipengaruhi oleh media di era globalisasi dan teknologi maju saat ini, terutama situs web berita. Dua media paling terkenal adalah Kompas.com dan Detik.com. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan sejauh mana slogan "slepet" calon wakil presiden diberitakan oleh dua media daring Indonesia, Detik.com dan Kompas.com. Mengidentifikasi penggunaan media daring untuk tujuan politik dengan menggunakan teknik Analisis Framing Robert N. Entman, yang menganalisis bingkai sebuah peristiwa melalui pembahasan Detik.com dan Kompas.com mendefinisikan isu-isu berita slogan "slepet" Cak imin melalui empat tahapan yaitu Define problems, Diagnose causes, Make moral judgement dan Treatment recommendation. Oleh karena itu, temuan ini menunjukkan bahwa Detik.com menyajikan berita slogan "slepet" calon wakil presiden Muhaimin Iskandar sebagai sebuah slogan yang memiliki makna yang tidak menyenangkan. Sementara itu, Kompas.com sering menampilkan Muhaimin Iskandar, calon wakil presiden, dan slogan "slepet"-nya sebagai solusi untuk masalah-masalah di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhyswasti, N., & Buana, P. (2024). Jurnal Politik Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Campaign Communication Strategy in the 2024 Presidential Election : Case Study of the “ Ubah Bareng ” Movement Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Campaign Communication Strategy in the 2024 Presidential Election : Case Study of the “ Ubah Bareng ” Movement. 10(2). https://doi.org/10.7454/jp.v10i2.1202

Alam, L., & Syukur, M. (2025). Ilmu Sebagai Konstruksi Sosial : Perspektif Filsafat Ilmu Dan Sosiologi Ilmu. 07(02), 8684–8690.

Aminulloh, A., Ananda, K. S., Anzari, P. P., Fianto, L., & Qorib, F. (2025). Political Gimmicks on Social Media in the 2024 Indonesian Presidential Election. The Journal of Society and Media, 9(1), 74–96.

Arpandi, A. (2023). Media Online dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat pada Pemilihan Umum (Pemilu). Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 843–855. https://doi.org/10.56832/edu.v3i1.293

Berger, P., & Luckmann, T. (2023). The social construction of reality. In Social theory re-wired (pp. 92–101). Routledge.

detikcom, T. (n. d. . (2023). Saling Serang TKN Vs Timnas AMIN soal “Slepet” Cak Imin. Detik.Com. https://news.detik.com/pemilu/d-7109907/saling-serang-tkn-vs-timnas-amin-soal-slepet-cak-imin

Eriyanto. (2012). Analisis Framing. edited by N. H. SA. Yogyakarta: Lkis.

Hayckel, E., Paskarina, C., Solihah, R., Integritas, K., & Idea, I. (2024). PERAN PRINSIP-PRINSIP FUNDAMENTAL PENYELENGGARAAN PEMILU DALAM MENINGKATKAN INTEGRITAS BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM. 16(1), 99–109.

Hilvan. (2023). KPU Tetapkan Tiga Calon Presiden dan Wakil Presiden Pemilu 2024. Komisi Pemilihan Umum. https://www.kpu.go.id/berita/baca/12081/kpu-tetapkan-tiga-pasangan-calon-presiden-dan-wakil-presiden-pemilu-2024

Ihsanuddin. (2023a). Cak Imin: Revolusi Mental Gagal, Kami Kasih Istilah Lebih Mudah, Slepet! Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/read/2023/12/24/20383531/cak-imin-revolusi-mental-gagal-kami-kasih-istilah-lebih-mudah-slepet

Ihsanuddin. (2023b). Serukan Slepet-nomics, Cak Imin: Segala Ketidakadilan Ekonomi Kita Slepet. Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/komentar/2023/12/22/22132751/serukan-slepet-nomics-cak-imin-segala-ketidakadilan-ekonomi-kita-slepet

Kulau, F. (2024). Tiktok , Instagram and Presidential Election : A Study to Understand How Politainment in Indonesian Political Campaigns Tiktok , Instagram and Presidential Election : A Study to Understand How Politainment in Indonesian Political Campaigns 2024. 54(2), 164–176.

Mulyana, D. R. D. (2002). Analisis Framing Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Lkis Pelangi Aksara.

Nurfadilla, Y., & Nurdin, I. (2024). Kepemimpinan Kolaboratif dalam Momentum Pemilu 2024 Membangun Partisipasi Demokratis yang Berkelanjutan. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 9(1), 44–49. https://doi.org/10.36982/jpg.v9i1.3714

Parwati, N., & Zain, A. B. N. (2020). Strategi Redaksi dalam Menjaga Keakuratan dan Kecepatan Berita Media (Studi Kasus di detiknews.com Jakarta) Editorial Strategy in Maintaining the Accuracy and Speed of Online Media News (Case Study at detiknews.com Jakarta). Jurnal Ilmiah Pemberitaan, 5(1), 44–60. http://ojs.mmtc.ac.id/index.php/pemberitaan/article/view/80

Pawito, P. (2014). Meneliti ideologi media: catatan singkat. Profetik: Jurnal Komunikasi, 7(1).

Rahayu, L. S. (n. d. . (2023). TKN Heran dengan Slepet Ala Cak Imin: Kok Seperti Olok-olok. Detik.Com. https://news.detik.com/pemilu/d-7108862/tkn-heran-dengan-slepet-ala-cak-imin-kok-seperti-olok-olok

Rangga. (2023). Media Sosial Pengaruhi Pemilih pada Pemilu 2024. Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/riset/2023/12/14/media-sosial-pengaruhi-pemilih-pada-pemilu-2024

Rayhan, T. M. (2021). Analisis Framing Seputar Inews Siang Rcti Segmen “Pilihan Indonesia 2019.” Inter Script : Journal of Creative Communication, 2(2), 1–20. https://doi.org/10.33376/is.v2i2.537

Siagian, P., & Ritonga, M. U. (2024). Analisis Framing Dalam Pemberitaan Politik Di tvonenews.com : Studi Kasus Pemilihan Presiden 2024. Filosofi : Publikasi Ilmu Komunikasi, Desain, Seni Budaya, 1(2), 126–139. https://journal.asdkvi.or.id/index.php/Filosofi/article/view/96

Sobur, A. (2002). Analisis teks media: Suatu pengantar untuk analisis wacana, analisis semiotik, dan analisis framing. PT. Remaja Rosdakarya.

Tommy Suprapto, M. (2022). Politik Redaksi Berita. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Wardani, A., Suprayitno, D., & Wahyuningratna, R. N. (2023). Framing Pemberitaan Calon Presiden pada Media Online CNNIndonesia.com dan Kompas.com. Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 6(1), 54–79. https://jurnal.amikom.ac.id/index.php/pikma/article/view/1181

Yendra, S. S. (2016). Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Deepublish.

Zahira, R. M., & Maarif, A. A. (2021). Praktik Jurnalisme Data dalam Narasi Berita Ekonomi. 6, 313–332.

Zega, D. A. B., Safii, M., & Roekhan, R. (2022). Perilaku Informasi Content Creator Jejaring Sosial Berbasis Video. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 43(2), 125. https://doi.org/10.14203/j.baca.v43i2.886

Downloads

Published

30-05-2025

How to Cite

Halimi, & Totok Wahyu Abadi. (2025). Analisis Framing Pemberitaan Slogan "Slepet" Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar di Media Online Detik.com dan Kompas.com. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(1), 162–178. https://doi.org/10.29240/jdk.v10i1.13249

Issue

Section

Articles

Citation Check