Analisis Branding Media Sosial dalam Meningkatkan Minat Masyarakat terhadap Produk Tas Purun
DOI:
https://doi.org/10.29240/jdk.v10i1.13229Keywords:
Branding, Media Sosial, Minat Beli, Tas Purun.Abstract
Ditengah pesatnya perkembangan teknologi dan meningkatnya penggunaan internet di Indonesia, media sosial menjadi alat yang potensial dalam membangun identitas merek dan memperluas jangkauan pasar. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini berfokus pada pentingnya media sosial sebagai saluran promosi, khususnya dalam membentuk citra merek, menciptakan keterikatan emosional dengan konsumen, serta meningkatkan kesadaran dan minat beli. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial, khususnya instagram melalui akun “Nasti Purun”, masih belum maksimal. Banyak pelaku usaha lokal yang belum memahami sepenuhnya potensi platform digital untuk mengembangkan branding produk mereka. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan optimalisasi strategi konten visual, pemanfaatan word of mouth digital, serta interaksi aktif dengan pengguna untuk meningkatkan daya saing dan visibilitas produk tas purun di pasar lokal maupun nasional.
Downloads
References
Afandi, Y. (2019). Gereja dan Pengaruh Teknologi Informasi “Digital Ecclesiology.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 1(2), 270–283. https://doi.org/10.34081/270033
Aprizal, A., & Wibasuri, A. (2023). Design Social Media Marketing untuk Penjualan Produk Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, 1, 212–229.
Armando Hasibuan, F., Mardiana, S., & Apriliya, I. (2023). Strategi Pengembangan Kerajinan Anyaman Purun dalam Meningkatkan Pemasaran Pada Masa Pandemi di Desa Sementara. Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 137–146. https://doi.org/10.51771/jukeshum.v3i1.510
Budiyanto, A., Pamungkas, I. B., & Praditya, A. (2023). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Konsumen: Analisis Bibliometrik. Jurnal Ekonomi Manajemen, 8(2), 133–142. https://doi.org/10.37058/jem.v8i2.5468
Cantika, M. A., & Harahap, N. (2022). Tiktok Virtual Communication Effectiveness on @Luxxlim.Id Account in Attracting Consumers in Elyo Store. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 6(1), 888–898. https://doi.org/10.22437/jssh.v6i1.20864
Harahap, N., Afilika, G. F., Septiani, A. T., Wira, F., Suhandi, M. A., Zuraida, L., Negeri, I., Utara, S., & Estate, M. (2024). T i p s. 2(1), 20–29.
Herdiyani, S., Safa’atul Barkah, C., Auliana, L., & Sukoco, I. (2022). Peranan Media Sosial Dalam Mengembangkan Suatu Bisnis: Literature Review. Jurnal Administrasi Bisnis, 18(2), 103–121. https://doi.org/10.26593/jab.v18i2.5878.103-121
Hidayah, N., Sopian, T., Aziz M. Nauval, Feby Nur Ikrawardani, Flavia Domitilla Fausta, Inggit Salsabila Putri, M. Hafidz Annazly, & Salma Nabila M. (2021). Strategi Pemasaran Media Sosial Destinasi Pariwisata Menggunakan Pendekatan SOSTAC. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 5(2), 57–75. https://doi.org/10.34013/jk.v5i2.408
Humaira, A., Harahap, N., & ... (2022). Representasi Cultural Branding Iklan Shopee: Kajian Analisis Semiotika. Jurnal Ilmiah Ilmu …, 5(1). https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/128
Ilmiah, J., Islam, U., Yusuf, S., Salis, A., Islam, U., Yusuf, S., Utami, N. A., Islam, U., Yusuf, S., Alfatdhila, B., Islam, U., Yusuf, S., Islam, U., & Yusuf, S. (2024). STRATEGI BRANDING PERUSAHAAN AIR JET SAAT. 1(4), 100–113.
Karsono, K., Purwanto, P., & Salman, A. M. Bin. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 869–880. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2649
Kebijakan, I., & Merdeka, K. (2023). 3 1,2,3. 08(1), 1319–1332.
Manullang, R., Komunikasi, I., Veteran, U., & Timur, J. (2023). Efektivitas Penggunaan Sosial Media Instagram Dalam Branding Brand Baru Di Malam Minggu Group Syifah Syariah Ilmu komunikasi, UPN Veteran Jawa Timur. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 1(3), 56–68. https://doi.org/10.59581/harmoni-widyakarya.v1i3.877
Maria, V., Fauzan Hidayatullah, A., Emmelly Devy Tunning Putri, U., Sabilah, R., Nurul Mursidah, N., Putri Ramdhany, L., Aqsyal Syauqi, F., & Artikel, I. (2024). Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap UMKM di Kota Serang How to cite. Benefits: Journal of Economics and Tourism, 1(1), 1–15.
Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795
Ngurah, I. G., Suarna, B., Wardana, M. A., & Darsana, I. M. (2023). PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN Pengaruh Digital Marketing dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan PENDAHULUAN Kehadiran teknologi berperan penting dalam mempermu. Pengaruh Digital Marketing Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan, 1–20.
Nursapia Harahap, W. D. A. (2023). Content Analysis Of Quora Social Media Content Regarding The Issues Of Husband Wife Divorce. International Journal of Health, Education and Social (IJHES), 6(12), 13–25.
Pangaribuan, W., & Silaban, R. (2017). Upaya Peningkatan Pendapatan Wanita Pengrajin Purun (Eleocharis Dulcis) Di Kecamatan Perbaungan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(2), 309. https://doi.org/10.24114/jpkm.v23i2.6882
Perwira, Y., Apriani, W., Irhami, F., & Maulana, K. (2023). Pemasaran Tas Purun Berbasis Web. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(2), 1882–1886. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/685/524
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950
Putra, Robby Aditya, et al. "Personal Branding and Communication Behavior of Women Preachers in Forming Self-identity on Instagram." B-ICSC 2022: Proceedings of the 2nd Biennial International Conference on Safe Community, B-ICSC 2022, 20-21 September 2022, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia. European Alliance for Innovation, 2023.
Putri, C. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen cherie melalui minat beli. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-up …, 1. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/348%0Ahttps://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/download/348/317
Ridha, A., Kati, S., Hasan, H., & Lidya, A. (2023). Analisis Perilaku Konsumen terhadap Minat Beli Produk Viral pada E-Commerce Shopee di Kota Makassar. Journal of Economics, Bussiness and Management Issues, 2(3), 245–255. https://doi.org/10.47134/jebmi.v2i3.394https://economics.pubmedia.id/index.php/jebmi
Rizkiyah, R., Istikomah, I., & Nurdyansyah, N. (2020). Strategies to Build a Branding School in Efforts to Improve the Competitiveness of Islamic Education Institutions. Proceedings of The ICECRS, 7, 1–7. https://doi.org/10.21070/icecrs2020366
Saputra, R., Adiprasetya, F., & Pulungan, P. (2024). Proyek Pemasaran Digital di Sosial Media dan E- Commerce Melalui Pembuatan Content Marketing dan Advertising Campaign Untuk Meningkatkan Brand Awareness Racabel. 2(5).
Shelby Dhoz Basnet, & Anisatul Auliya. (2022). Strategi Pemasaran Digital Melalui Media Sosial Dalam Penyelengaraan Event Inacraft 2022. Journal Of Tourism And Economic, 5(1), 18–31. https://doi.org/10.36594/jtec/gp940703
Syaharullah, Yahya, M., & Syarif, A. (2021). Penggunaan Facebook Dalam Promosi Produk Barang Jadi. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 12(2), 27–38.
Taan, H., Radji, D. L., Rasjid, H., & Indriyani. (2021). Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Brand Image. Journal of Management & Business, 4(1), 315–330. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i1.1268
Tabuk, S., & Banjar, K. (2023). 3 1,2,3. 2, 349–365.
Turang, W. C., & Turang, D. A. O. (2021). Pengembangan desain tas wanita berbahan rumput Purun menggunakan metode ATUMICS. Productum: Jurnal Desain Produk (Pengetahuan Dan Perancangan Produk), 4(1), 33–42. https://doi.org/10.24821/productum.v4i1.4000
Weleri, K., & Kendal, K. (2023). Implementasi Desain Digital Kreatif Untuk Branding Produk Berbasis Mobile Untuk Pelaku Umkm Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal. Communnity Development Journal, 4(6), 11961–11969.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Ika Safitri, Nursapia Harahap

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Dakwah dan Komunikasi agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).