Sistem Pertandaan Semiotik Pada Iklan Layanan Masyarakat “ Stop Hoax” Dalam Media Televisi Indosiar (Analisis Semiotik Jhon Fiske)

Authors

  • Siroy Kurniawan UIN SUKA Jogjakarta

DOI:

https://doi.org/10.29240/jdk.v4i2.1237

Keywords:

Iklan, Semiotika, Stop Hoax

Abstract

Berita Hoak menjadi sebuah kabar berita yang memiliki unsur kebohongan. Maraknya berita hoax menimbulkan kekawatiran yang cukup mendalam bagi masyarakat. Untuk itu sebuah media memberikan edukasi melalui iklan. Iklan yang dimuat bukan iklan seperti biasa yang hanya mempromosikan barang. Iklan Layanan Masyarakat memberikan edukasi yang dalam hal ini edukasi mengenai berita Hoax. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai pertandaan dalam iklan Stop Hoax penulis menggunakan analisis semiotika model John Fiske yang terdiri dari level realistas, repsentasi dan level idiologi. Hasil analisis tersebut pada level realitas menggambarkan bagaimana suasana kesibukan pagi hari sehingga terjadi keteledoran hingga peristiwa ingin minum cairan pembersih kendaraan. Pada level ini menghasilkan bentuk ekspresi serta lingkungan perumahan. Pada level representasi menggambarkan bagaimana pengambilan gambar yang signifikan kemudia ditambah backsound music yang digunakan serta efek warna yang keseluruhan mempresentasi bagaimana kondisi yang terjadi dalam iklan tersebut. Level ke tiga ideologi, ideologi yang di pakai dalam iklan tersebut bagaimana iklan mampu mengemas sebuah informasi dalam bentuk iklan layanan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Danesi Marcel, pengantar memahami semiotika media, (Ypgyakarta: Jalasutra,2017)

Eriyanto, Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya, (Jakarta: Kencana, 2011

Jafar lantowa, Nila mega marahayu, Muh.Kharussibyan, Semiotika teori,metode dan penerapannya, (Yogyakarta: CV Budi Utama, 2017)

Mulyana Dedy dan Solatun, Metode Penelitian Komunikasi, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007)

Morissan, Jurnalistik Televisi Mutakhir, (Jakarta: Kencana, 2008)

Morissan, Wardhani Corry Andy, U Haid Farid, Teori Komunikasi Massa (media, budaya dan masyarakat, (Bogoor: Ghalia Indonesia,2013)

Sugiyono, Metode penelitian Kombinasi, (Bandung: Alfabeta,2015)

Ade Putri, “Representasi Agama dalam Iklan Indonesia adalah kita di NET.TV”, ejurnal Ilmu Komunikasi, vol.55.2018

Internet

https://tafsirq.com/49-al-hujurat/ayat-6 dimuat pada 2015

https://www.komunikasipraktis.com, dalam kajian komunikasi-massa-pengertian, pada /2015/04/.html

https://www.komunikasipraktis.com, dalam kajian komunikasi-massa-pengertian, pada /2015/04/.html

Downloads

Published

2019-12-02

Issue

Section

Articles