Tinjauan Filosofis Pragmatisme Jhon Dewey Terhadap Persoalan Prokrastinasi Mahasiswa

Authors

  • Arjuna Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Adhim Rajasyah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Figo Prilianto Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nur Wahyu Ningsih Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Musdalifah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Keywords:

Jhon Dewey, Pragmatism, Procrastination.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis prokrastinasi mahasiswa dari perspektif filsafat pragmatisme yang diusung oleh John Dewey. Pragmatisme menekankan pentingnya pengalaman nyata dan dampak praktis dari tindakan individu, yang mencakup bagaimana mahasiswa memaknai dan menghadapi tugas-tugas akademik mereka. Dalam pendekatan ini, prokrastinasi dipahami sebagai respons terhadap persepsi tentang relevansi dan manfaat praktis tugas-tugas tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan pragmatisme untuk mengeksplorasi bagaimana prokrastinasi dipengaruhi oleh pengalaman dan persepsi individu. Data dikumpulkan melalui studi literatur (library research) dan observasi mendalam terhadap mahasiswa, yang memungkinkan peneliti memahami pola pikir dan respons emosional mereka terhadap tugas akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prokrastinasi terkait erat dengan persepsi mahasiswa tentang relevansi tugas dan pengalaman sebelumnya. Dengan pendekatan pragmatisme, pengalaman nyata dan refleksi diri dipandang sebagai cara untuk mengubah pola pikir mahasiswa, membantu mereka melihat tugas sebagai peluang untuk berkembang. Penelitian ini menyarankan bahwa dengan memberikan makna praktis pada tugas-tugas akademik, mahasiswa dapat mengurangi kebiasaan menunda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, A., & Rahardjo, P. (2013). Faktor-Faktor Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Psycho Idea, 61–66.

Cooke, E. F. (2018). Pragmatism as a Way of Life. Analysis, 78(4), 754–766. https://doi.org/10.1093/analys/any068

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Dewey, J. (1938). Experience and Education (Simon & Schuster (ed.)).

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fauziah, H. hanifah. (2015). Fakor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN SGD Bandung. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(105), 123–132. https://doi.org/10.15575/psy.v2i2.453

Ferrari, J. R. (2010). Still Procrastinating: The No Regrets Guide to Getting it Done. In John Wiley & Sons.

Gronda, R. (2014). Nicolas Rescher, Pragmatism. The Restoration of Its Scientific Roots; The Pragmatic Vision. Themes in Philosophical Pragmatis. European Journal of Pragmatism and American Philosophy, VI(2). https://doi.org/10.4000/ejpap.303

Gustavson, D. E., Miyake, A., Hewitt, J. K., & Friedman, N. P. (2015). Understanding the cognitive and genetic underpinnings of procrastination: Evidence for shared genetic influences with goal management and executive function abilities. Journal of Experimental Psychology: General, 144(6), 1063–1079. https://doi.org/10.1037/xge0000110

Hidayat, M. (2015). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar, Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas IX Ips Di Man Bangkalan. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(1), 103. https://doi.org/10.26740/jepk.v3n1.p103-114

Kim, K. R., & Seo, E. H. (2015). The Relationship Between Procrastination and Academic Performance: A Meta-Analysis. Personality and Individual Differences, 82, 26–33. https://doi.org/10.1016/j.paid.2015.02.038

Koopman, C., & Garside, D. (2019). Transition, Action and Education: Redirecting Pragmatist Philosophy of Education. Journal of Philosophy of Education, 53(4), 734–747. https://doi.org/10.1111/1467-9752.12399

Rebetez, M. M. L., Rochat, L., & Van der Linden, M. (2015). Cognitive, emotional, and motivational factors related to procrastination: A cluster analytic approach. Personality and Individual Differences, 76, 1–6. https://doi.org/10.1016/j.paid.2014.11.044

Setiawati, R., & Nurjanah, A. (2024). Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Prokrastinasi Akademik Siswa. Coution : Journal of Counseling and Education, 5, 35–46. https://doi.org/10.47453/coution.v5i1.1328

Sirois, F. M. (2014). Procrastination and Stress: Exploring the Role of Self-Compassion. Self and Identity, 1–18. https://doi.org/10.1080/15298868.2013.763404

Sirois, F. M., Stride, C. B., & Pychyl, T. A. (2023). Procrastination and Health: A Longitudinal Test of The Roles of Stress and Health Behaviours. British Journal of Health Psychology, 28(3), 860–875. https://doi.org/10.1111/bjhp.12658

Steel, P. (2007). The Nature of Procrastination: A Meta-Analytic and Theoretical Review of Quintessential Self-Regulatory Failure. Psychological Bulletin, 133(1), 65–94. https://doi.org/10.1037/0033-2909.133.1.65

Svartdal, F., Dahl, T. I., Gamst-Klaussen, T., Koppenborg, M., & Klingsieck, K. B. (2020). How Study Environments Foster Academic Procrastination: Overview and Recommendations. Frontiers in Psychology, 11, 1–13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.540910

Ulum, M. I. (2016). Strategi Self-Regulated Learning untuk Menurunkan Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 153–170. https://doi.org/10.15575/psy.v3i2.1107

Wiranata, R. R. S., Maragustam, M., & Abrori, M. S. (2021). Filsafat Pragmatisme: Meninjau Ulang Inovasi Pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 110–133. https://doi.org/10.21274/taalum.2021.9.1.110-133

Yan, B., & Zhang, X. (2022). What Research Has Been Conducted on Procrastination? Evidence From a Systematical Bibliometric Analysis. Frontiers in Psychology, 13(February), 1–16. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.809044

Yuni pangestutiani, & Aina Noor Habibah. (2022). Pragmatisme John Dewey. Jurnal Ilmiah Spiritualis: Jurnal Pemikiran Islam Dan Tasawuf, 8(1), 108–123. https://doi.org/10.53429/spiritualis.v8i1.380

Zhang, S., Liu, P., & Feng, T. (2019). To do it now or later: The cognitive mechanisms and neural substrates underlying procrastination. Wiley Interdisciplinary Reviews: Cognitive Science, 10(4), 1–20. https://doi.org/10.1002/wcs.1492

Zulfa, F., & Irawan. (2021). Pengembangan Kurikulum Akademik SDIT Miftahul Ulum Subang Berdasarkan Teori Pragmatisme Dewey. Metodik Didaktik, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.17509/md.v17i1

Downloads

Published

2024-11-30

Issue

Section

Articles