Relevansi Pekerjaan Alumni Dengan Profil Lulusan Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri Curup

Authors

  • Dita Verolyna Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Dete Konggoro Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Hendri Saputra Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Hanifa taufiqa Institut Agama Islam Negeri Curup

Keywords:

Relevansi, Alumni, Pekerjaan, KPI, Profil lulusan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Relevansi pekerjaan alumni dengan Profil Lulusan Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri Curup. Metode penelitian menggunakan deskriftif kuantitatif. Populasi penelitia adalah semua alumni dari tahun 2016-2021 yang berjumlah 138 orang. Teknik penarikan sampel menggunakan sampel sukarelawan. Teknik pengumpulan data mengguanakan angket online yang disebarkan melalui media social dan whatsapp. Sebanyak 99 responde bersedia mengisi angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa distribusi lulusan Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) di IAIN Curup selama periode 2016 hingga 2021 mengalami fluktuasi. Pada tahun-tahun tertentu, terdapat peningkatan atau penurunan jumlah lulusan. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti tren minat mahasiswa, perubahan kebijakan penerimaan mahasiswa, dan faktor-faktor lain yang memengaruhi jumlah lulusan. Hasil penelitian juga menunjukkan Sebanyak 99 lulusan yang mengisi survei dengan 86 orang bekerja dan 13 orang tidak bekerja. Keterserapan alumni dalam beberapa sektor seperti pendidikan, Pemerintah Daerah, Swasta dan wiraswasta. Kebanyakan alumni mendapatkan pekerjaan melalui teman dan mencari melalui search engine. Masa tunggu bekerja kebanyakan dibawah 3 bulan dan penghasilan alumni kebanyakan dibawah 2 juta rupiah. Hasil penelitian juga menunjukkan masing-masing lulusan yang mengisi, lulusan tahun 2016 dan 2019 yang paling tidak sesuai relevansi pekerjaan dengan profil lulusan prodi KPI yakni sebanyak 67% dan 57%. Namun secara keseluruhan lulusan dari 2016-2021 telah memiliki pekerjaan yang relevan dengan lulusan prodi KPI

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dita Verolyna, Institut Agama Islam Negeri Curup

Komunikasi Penyiaran Islam

Dete Konggoro, Institut Agama Islam Negeri Curup

Komunikasi Penyiaran Islam

Hendri Saputra, Institut Agama Islam Negeri Curup

Komunikasi Penyiaran Islam

Hanifa taufiqa, Institut Agama Islam Negeri Curup

Komunikasi Penyiaran Islam

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdul Rani, 1311263170. (2020). Kompetensi Alumni KPI Dalam Mencari Peluang Kerja.

Abidin, I. S. (2022). 14 Persen Pengangguran Indonesia Lulusan Diploma dan Sarjana. Mengapa? Unair.Ac.Id. https://www.unair.ac.id/2022/06/20/14-persen-pengangguran-indonesia-lulusan-diploma-dan-sarjana-mengapa/

Aqbar, K., Nur, S., & Wijaya, H. (2021). Evaluasi dan Pengembangan Capaian Kompetensi Lulusan Melalui Tracer Study. 11(2), 90–105.

Hafita, Y. A., Sulistiono, A., Sudarmin, S., & Sembiring, F. A. (2023). Studi Penelusuran (Tracer Study) Lulusan Jurusan Nautika Dan Teknika Politeknik Pelayaran Sorong Tahun 2016-2021. JPB : Jurnal Patria Bahari, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.54017/jpb.v2i2.59

Hariyati, F., Khohar, A., Khotimah, W. Q., & Tiara, A. (2022). Strategi Penelusuran Alumni (Tracer Study) pada Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(4), 141–155. https://doi.org/10.55606/KHATULISTIWA.V2I4.803

Husna, K., & Muazimah, A. (2022). Peran Alumni dalam Pengembangan Kurikulum Program Studi PIAUD. Jurnal Pembelajar Ilmu Pendidikan, 6(April), 23–28.

Lestari, E., Utami, R., Mokhammad, D., & Yudhanegara, R. (2021). Evaluation of Higher Education Outcomes: Relevance of Graduates’ Occupations with Study Programs. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 9(2), 149–164. https://doi.org/10.35706/JUDIKA.V9I2.5395

Mandias, R. J. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyerapan Lulusan Profesi Ners Universitas Klabat. Klabat Journal of Nursing, 3(1), 47. https://doi.org/10.37771/kjn.v3i1.537

Muhson, A., Wahyuni, D., Supriyanto, S., & Mulyani, E. (2012). ANALISIS RELEVANSI LULUSAN PERGURUAN TINGGI DENGAN DUNIA KERJA. Jurnal Economia, 8(1), 42–52. https://doi.org/10.21831/ECONOMIA.V8I1.800

Nadila Rahmi, Y., & Dewi, F. (2022). Peran Perguruan Tinggi dalam Menyiapkan Lulusan Terampil di Dunia Industri Melalui Kolaborasi Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan Dan Dunia Industri), 1(1), 213–220. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/KPDI/article/view/1292

Pratama, N. Y. P., Isa, S. F. P., & Yunita, S. (2022). Analisis Penyebab Rendahnya Relevansi Pendidikan dengan Tuntutan Masyarakat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9752–9759. https://doi.org/10.31004/JPTAM.V6I2.3937

Riswanto, R. (2020). PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PROGRAM STUDI KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU DALAM MENARIK MINAT CALON MAHASISWA BARU. Jurnal Sarjana Ilmu Komunikasi, 1(2), 63–77. https://doi.org/10.36085/J-SIKOM.V1I2.1148

Sastrohadiwiryo, S. (2007). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Bumi Aksara.

Tosepu, Y. A. (2020). Membangun Relevansi Dunia Pendidikan dan Dunia Kerja @YusrinAhmadTosepu Membangun Relevansi Dunia Pendidikan dan Dunia Kerja.

Ulum, M. (2020). Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum: Relevansi dan Kontinuitas. Attanwir : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 11(1), 67–75. https://doi.org/10.53915/JURNALKEISLAMANDANPENDIDIKAN.V11I1.32

Umar, D., Kunci, K., Ssumber, A., & Manusia, D. (2021). RELEVANSI SUMBER DAYA MANUSIA LULUSAN FAKULTAS DAKWAH INSTITUT PTIQ JAKARTA DENGAN KEBUTUHAN DUNIA KERJA. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 228–242. https://doi.org/10.36671/ANDRAGOGI.V3I2.223

Usman, A. R., . B., Setiana, N. A., & . H. (2019). Alumni Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI): Peluang Kerja (Studi Alumni Pascasarjana UIN Ar-Raniry). Profetik: Jurnal Komunikasi, 12(1), 149–159. https://doi.org/10.14421/PJK.V12I1.1492

Wibowo, A., Yulista, Y., & Al-Hoiry, M. D. (2022). Pola Kemitraan Strategis dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN SAS Bangka Belitung. Wardah, 23(1), 24–40. https://doi.org/10.19109/WARDAH.V23I1.12570

Published

2024-11-29

Issue

Section

Articles