Relevansi Pekerjaan Alumni Dengan Profil Lulusan Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri Curup
Keywords:
Relevansi, Alumni, Pekerjaan, KPI, Profil lulusanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat Relevansi pekerjaan alumni dengan Profil Lulusan Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri Curup. Metode penelitian menggunakan deskriftif kuantitatif. Populasi penelitia adalah semua alumni dari tahun 2016-2021 yang berjumlah 138 orang. Teknik penarikan sampel menggunakan sampel sukarelawan. Teknik pengumpulan data mengguanakan angket online yang disebarkan melalui media social dan whatsapp. Sebanyak 99 responde bersedia mengisi angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa distribusi lulusan Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) di IAIN Curup selama periode 2016 hingga 2021 mengalami fluktuasi. Pada tahun-tahun tertentu, terdapat peningkatan atau penurunan jumlah lulusan. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti tren minat mahasiswa, perubahan kebijakan penerimaan mahasiswa, dan faktor-faktor lain yang memengaruhi jumlah lulusan. Hasil penelitian juga menunjukkan Sebanyak 99 lulusan yang mengisi survei dengan 86 orang bekerja dan 13 orang tidak bekerja. Keterserapan alumni dalam beberapa sektor seperti pendidikan, Pemerintah Daerah, Swasta dan wiraswasta. Kebanyakan alumni mendapatkan pekerjaan melalui teman dan mencari melalui search engine. Masa tunggu bekerja kebanyakan dibawah 3 bulan dan penghasilan alumni kebanyakan dibawah 2 juta rupiah. Hasil penelitian juga menunjukkan masing-masing lulusan yang mengisi, lulusan tahun 2016 dan 2019 yang paling tidak sesuai relevansi pekerjaan dengan profil lulusan prodi KPI yakni sebanyak 67% dan 57%. Namun secara keseluruhan lulusan dari 2016-2021 telah memiliki pekerjaan yang relevan dengan lulusan prodi KPI
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Rani, 1311263170. (2020). Kompetensi Alumni KPI Dalam Mencari Peluang Kerja.
Abidin, I. S. (2022). 14 Persen Pengangguran Indonesia Lulusan Diploma dan Sarjana. Mengapa? Unair.Ac.Id. https://www.unair.ac.id/2022/06/20/14-persen-pengangguran-indonesia-lulusan-diploma-dan-sarjana-mengapa/
Aqbar, K., Nur, S., & Wijaya, H. (2021). Evaluasi dan Pengembangan Capaian Kompetensi Lulusan Melalui Tracer Study. 11(2), 90–105.
Hafita, Y. A., Sulistiono, A., Sudarmin, S., & Sembiring, F. A. (2023). Studi Penelusuran (Tracer Study) Lulusan Jurusan Nautika Dan Teknika Politeknik Pelayaran Sorong Tahun 2016-2021. JPB : Jurnal Patria Bahari, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.54017/jpb.v2i2.59
Hariyati, F., Khohar, A., Khotimah, W. Q., & Tiara, A. (2022). Strategi Penelusuran Alumni (Tracer Study) pada Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(4), 141–155. https://doi.org/10.55606/KHATULISTIWA.V2I4.803
Husna, K., & Muazimah, A. (2022). Peran Alumni dalam Pengembangan Kurikulum Program Studi PIAUD. Jurnal Pembelajar Ilmu Pendidikan, 6(April), 23–28.
Lestari, E., Utami, R., Mokhammad, D., & Yudhanegara, R. (2021). Evaluation of Higher Education Outcomes: Relevance of Graduates’ Occupations with Study Programs. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 9(2), 149–164. https://doi.org/10.35706/JUDIKA.V9I2.5395
Mandias, R. J. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyerapan Lulusan Profesi Ners Universitas Klabat. Klabat Journal of Nursing, 3(1), 47. https://doi.org/10.37771/kjn.v3i1.537
Muhson, A., Wahyuni, D., Supriyanto, S., & Mulyani, E. (2012). ANALISIS RELEVANSI LULUSAN PERGURUAN TINGGI DENGAN DUNIA KERJA. Jurnal Economia, 8(1), 42–52. https://doi.org/10.21831/ECONOMIA.V8I1.800
Nadila Rahmi, Y., & Dewi, F. (2022). Peran Perguruan Tinggi dalam Menyiapkan Lulusan Terampil di Dunia Industri Melalui Kolaborasi Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan Dan Dunia Industri), 1(1), 213–220. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/KPDI/article/view/1292
Pratama, N. Y. P., Isa, S. F. P., & Yunita, S. (2022). Analisis Penyebab Rendahnya Relevansi Pendidikan dengan Tuntutan Masyarakat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9752–9759. https://doi.org/10.31004/JPTAM.V6I2.3937
Riswanto, R. (2020). PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PROGRAM STUDI KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU DALAM MENARIK MINAT CALON MAHASISWA BARU. Jurnal Sarjana Ilmu Komunikasi, 1(2), 63–77. https://doi.org/10.36085/J-SIKOM.V1I2.1148
Sastrohadiwiryo, S. (2007). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Bumi Aksara.
Tosepu, Y. A. (2020). Membangun Relevansi Dunia Pendidikan dan Dunia Kerja @YusrinAhmadTosepu Membangun Relevansi Dunia Pendidikan dan Dunia Kerja.
Ulum, M. (2020). Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum: Relevansi dan Kontinuitas. Attanwir : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 11(1), 67–75. https://doi.org/10.53915/JURNALKEISLAMANDANPENDIDIKAN.V11I1.32
Umar, D., Kunci, K., Ssumber, A., & Manusia, D. (2021). RELEVANSI SUMBER DAYA MANUSIA LULUSAN FAKULTAS DAKWAH INSTITUT PTIQ JAKARTA DENGAN KEBUTUHAN DUNIA KERJA. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 228–242. https://doi.org/10.36671/ANDRAGOGI.V3I2.223
Usman, A. R., . B., Setiana, N. A., & . H. (2019). Alumni Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI): Peluang Kerja (Studi Alumni Pascasarjana UIN Ar-Raniry). Profetik: Jurnal Komunikasi, 12(1), 149–159. https://doi.org/10.14421/PJK.V12I1.1492
Wibowo, A., Yulista, Y., & Al-Hoiry, M. D. (2022). Pola Kemitraan Strategis dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN SAS Bangka Belitung. Wardah, 23(1), 24–40. https://doi.org/10.19109/WARDAH.V23I1.12570
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dita Verolyna, Dete Konggoro, Hendri Saputra, Hanifa taufiqa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Dakwah dan Komunikasi agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).