Komunikasi Publik Humas RSUD R.T. Notopuro Sidoarjo Dalam Meningkatkan Reputasi Melalui Aplikasi Santri RS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komunikasi publik yang dilakukan oleh humas RSUD R.T. Notopuro Sidoarjo dalam meningkatkan reputasi rumah sakit melalui aplikasi Santri RS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif yakni pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori Komunikasi Interpersonal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi aplikasi Santri RS berhasil menyediakan akses informasi yang transparan dan mudah dipahami oleh semua masyarakat, yang dapat meningkatkan kepercayaan dan citra positif terhadap rumah sakit. Dengan landasan indikator yang meliputi keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif dan kesetaraan, RSUD R.T. Notopuro Sidoarjo menunjukkan komunikasi interpersonal yang terjalin antara humas dan masyarakat melalui inovasi Santri RS berjalan cukup efektif.
Downloads
References
Asrindah Nasution, Muya Syaroh Iwanda Lbs, Muhammad Luthfi, Ayu Sartika Pane, & Nur Ambia Arma. (2021). Komunikasi Melalui Aplikasi Whatsapp Dalam Rangka Pembelajaran Anak Sekolah Dasar Masa Pandemi Covid-19 di Lingkungan Medan Denai. Komunikologi, 18(01), 40–47.
Dick, A., Chakravarti, D., & Biehal, G. (1990). Memory-Based Inferences during Consumer Choice. Journal of Consumer Research, 17(1), 82. https://doi.org/10.1086/208539
Eprilianto, D. F., Sari, Y. E. K., & Saputra, B. (2019). Mewujudkan Integrasi Data Melalui Implementasi Inovasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Teknologi Digital. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 4(1), 30. https://doi.org/10.26740/jpsi.v4n1.p30-37
Farid, A. S. (2023). Menguasai Seni Komunikasi Publik (Panduan Praktis Untuk Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam) (M. Ardiansyah (ed.)). K-Media.
Husni, M. (2017). Reputasi Yang Berkarakter. Media Piar Indonesia.
Imran, M. (2022). Peningkatan Reputasi dan Citra Rumah Sakit Melalui Strategi Humas. IKRA-ITH HUMANIORA : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 6(3), 108–114. https://doi.org/10.37817/ikraith-humaniora.v6i3.2207
Joseph A, D. (2013). The Interpersonal Communication Book (13th ed.). Pearson Education, Inc.
Maulidia, R. (2020). Peran Humas Pemerintah Sebagai Sarana Komunikasi Publik (Studi Pada Bagian Humas Dan Protokol Pemerintah Kota Bogor). Ug Jurnal, VOL.14(Edisi 07 Juli 2020), 2013–2015.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. SAGE Publications, Inc.
Nadhiroh, R., & Kusumawati, D. (2016). Peran Website, Facebook, dan Twitter Resmi UNS dalam Membangun Image Positif dan Meningkatkan Reputasi UNS (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Peran Website, Facebook, dan Twitter Resmi UNS dalam Membangun Image Positif dan Meningkatkan Reputasi World Cl. 1–23.
Rochmaniah, A., & Indriawati, N. (2020). Table Of Content Article information ............................................ Rechtsidee. Indonesian Journal of Innovation Studies, 13(2), 1–12.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Cv.
Taylor, S. J., & Bogdan, R. (2016). Introduction to Qualitative Research Methods A Guidebook and Resource (4th ed.). John Wiley & Sons Inc.
Utha, A., & Program Studi Administrasi Publik Pascasarjana UHO Kendari, M. (2022). Inovasi Pelayanan Publik Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Kolaka Innovation of Public Service At the Land Office Kolaka District. Jurnal Administrasi Pembangunan Dan Kebijakan Publik, 13(1), 82–89.
Zulfikar, A., Sultan, M. I., & Kahar. (2017). Peran HUMAS dalam Meningkatkan Citra Rumah Sakit Dr. Wahidin Sudirohusodo sebagai Rumah Sakit Berstandar Internnasional. Jurnal Komunikasi KAREBA, 6(1), 98–109. https://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/view/5169
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ainur Rochmaniah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Dakwah dan Komunikasi agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).