ANALISIS KEBUTUHAN DAN PERANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DGITALISASI BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING TINGKAT PEMULA

Uki Hares Yulianti

Abstract


Pemanfaatan teknologi informasi dan perangkat lunak pendidikan yang interaktif dikemas ke dalam digitalisasi pembelajaran. Saat ini perangkat pembelajaran masih dibuat secara tradisional belum terdigitalisasinya perangkat pembelajaran. Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing atau biasa disingkat BIPA merupakan sebuah program pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia bagi penutur asing. Saat ini masih terbatas perangkat pembelajaran yang sudah terdigitalisasi. Perangkat pembelajaran belum bisa diakses oleh pengajar, pemelajar BIPA secara terbuka. Hal ini dikarenakan belum ada e-learning yang digunakan untuk mendigitalisasi perangkat pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsi kebutuhan dan prototipe pengembangan perangkat pembelajaran digital bahasa Indonesia bagi penutur asing tingkat pemula untuk pembelajar dan pemelajar BIPA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan research & development (R&D). Model penelitian yang digunakan mengacu pada desain model ADDIE terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Upaya kebutuhan penelitian ini disesuaikan dengan tujuan dan kondisi penelitian yang sebenarnya. Hasil observasi, wawancara, pengisian angket, dan FGD (Focus Group Discusion). Hasil dari penelitian: 1) kebutuhan perangkat pembelajaran digital bahasa Indonesia bagi penutur asing tingkat pemula, 2) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP, sumber belajar, instrumen dan penilaian. Dari hasil angket menyatakan perlunya perangkat pembelajaran BIPA yang sudah terdigitalisasi.


Keywords


perangkat pembelajaran, BIPA, digital

Full Text:

PDF

References


Hamzah, Amir. Metode Penelitian & Pengembangan Penelitian & Pengembangan . Batu: Literasi Nusantara, 2020.

jendelakemdibud.go.id. “Digitalisasi Sekolah Akan Mampu Tingkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa.” https://jendela.kemdikbud.go.id/v2/fokus/detail/digitalisasi-sekolah-akan-mampu-tingkatkan-kualitas-pembelajaran-siswa. (Diunduh 2 Desember 2022), 2022

Kusmiatun, A., Suyitno, I., HS, Widodo., & Basuki, IA. “Identifying Features of Indonesian for Speakers of Other Languages (BIPA) Learning for Academic Purposes.” International Journal of Social Sciences & Educational. (2017)

Faznur, Lutfi Syauki , Ahmad Fadly, dan Fadhia Alfiana Nufus . “ Pengembangan Buku Digital BIPA Berbasis Nilai Moderasi Islam.” Jurnal Pena Literasi . Jilid. 4, No.2. (2021).

Muliastuti, Liliana. BIPA Pendukung Internasionalisasi Bahasa Indonesia. Makalah disajikan pada seminar Nasional Politik Bahasa di Universitas Tidar Magelang. Magelang: Untidar, 2016

Murtiansih, Andayani, dan Muhammad Rohmadi. Text Book As a Java Culture Recognıtıon Medıa in Indonesıan Learnıng For Foreıgn Speaker (BIPA) in Sebelas Maret University. International Journal of Educational Research Review, Vol 4, Issue 3, hal 427-434. (2019)

Muzaki, Lubis, Slamin, dan Dafik. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Metode Guided Discovery Learning Berbantuan E-Learning Dengan Aplikasi Atutor Pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII SMP.” Jurnal Pancaran, Vol. 3, No. 2, hal 25-34. (2014).

Nurchaili. “Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Digital Perangkat Pembelajaran Guru 4.0.” Madaris: Jurnal Guru Inovatif , Volume 1, Nomor 1, hal: 12-23. (2020).

Sanjaya, W. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group, 2006.

Saddhono, K. Manajemen kelas multikultural dalam pembelajaran Bahasa Indonresia bagi Penutur Asing (BIPA) di Indonesia. In Conference on Language and Language Teaching (pp. 561-567), 2017.

Septriani , H. Pemanfaatan Media Digital G Suite Untuk Pendidikan dalam Pembelajaran BIPA Jarak Jauh di University Of Vienna. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 3(1), 70–77. (2021).

Suyitno, I. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan Belajar. Wacana Journal, 9 (1), pp. 62-78. (2007).

Suyitno, I., Susanto, G., Kamal, M., dan Fawzy, A. Cognitive Learning Strategy of BIPA Students in Learning the Indonesian Language. IAFOR Journal of Language Learning Volume 3–Issue 2–Winter 2017, 175-190. (2017b).

Yusuf, Iyus . “ Capaian Keberhasilan BIPA Meningkatkan Fungsi Bahasa Indonesia di Kancah Dunia ”. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/09/capaian-keberhasilan-bipa-Tingkatkan-fungsi-bahasa-indonesia-di-kancah-dunia . ( Diunduh 29 September 2022), 2021




DOI: http://dx.doi.org/10.29240/estetik.v7i1.8473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Uki Hares Yulianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

CrossrefMorarefGoogle ScholarDimensionsIndonesia One SearchAcademia.EduPKP Index


free web stats Estetik's Visitors

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

.