Analisis Pengaruh Service Quality, Product Quality Dan Price Terhadap Keputusan Pembelian Pada Lazarus Batik Jember

Khittah Ashilah Khittah Ashilah

Abstract


This study aims to examine and analyze: (1) The effect of service quality on purchasing decisions at Lazarus Batik Jember. (2) The effect of product quality on purchasing decisions at Lazarus Batik Jember. (3) The effect of price on purchasing decisions at Lazarus Batik Jember. This research is a quantitative study with a descriptive approach that was carried out at the Lazarus Batik Jember Boutique in September-October 2021. The population in this study were all consumers of Lazarus Batik Jember and had purchased fashion products from Lazarus Batik Jember. The sample in this study were 100 respondents and were taken using accidental sampling technique. Data were collected using a questionnaire and data analysis using multiple linear regression. The results of data analysis show that: (1) Service quality has a significant and significant effect on purchasing decisions at Lazarus Batik Jember; (2) The product quality has a significant and significant effect on purchasing decisions at Lazarus Batik Jember; (3) Price has a significant and significant effect on purchasing decisions at Lazarus Batik Jember; and (4) the quality of service, product, and price together have a significant and significant effect on purchasing decisions at Lazarus Batik Jember.


Keywords


Service Quality; Product Quality; Price

Full Text:

PDF

References


American, M.A. 2016. Manajemen Pemasaran. Drs. M. Mursyid Ed. Bumi Aksara, Jakarta

Anwar, Iful. dan Lupiyoadi, 2015. ”Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian”, dalam Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol 4, No.12.

Anwar, I dan Assael, 2015. ”Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian”, dalam Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol 4, No.12.

Aris. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Product Knowledge dan Wom terhadap proses pengambilan Keputusan Pembelian”, dalam jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 5, No. 5

Azrori, Mizin. 2018. “Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap

Keputusan Pembelian Pada Batik Jambi Zhorif Di Kecamatan

Danau Teluk Jambi Kota Seberang”, Skripsi. Jambi, Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

Ella, W.S., 2016. “Analisis Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Batik Tjokro Bakaran Juwana Pati”, Skripsi. Kudus, Sekolah Tinggi Agama Islam Kudus.

Fransicus, 2019. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fesyen Melalui Media Sosial di Yogyakarta”, Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Galih. 2017. “UNESCO Akui Batik sebagai Warisan Dunia dari Indonesia,” dalam Kompas.com, 02 Oktober 2017, pukul 08:14.

Gora, gora_kunjana@investor.co.id, “Ekspor Batik meningkat ditengah pandemi”, Leonard Al Cahyoputra, leonard.cahyoputra@beritasatumedia.com. Dikirim 4 Oktober 2020

Kodu, Sarini. 2013. “Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza.” Dalam Jurnal EMBA, Vol.1, No.3. Hal. 1251-1259.

Kotler, P, 2000. “Marketing Management.” Edisi Milenium, Prentice Hall In tl, Inc New Jersey. Vol. 53

________. 2002. Manajemen Pemasaran, Vol.5 Edisi 13 STIESIA. Surabaya.

Kotler, P., & Keller, K. L, 2009, Manajemen Pemasaran, 13 ed., Vol. 1;2, Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, R.2011. “Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik.” Penerbit Salemba Empat.

Maharani, Nina. “Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen terhadap Produk Iphone di Bandung”, Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol.12, 2015, diakses 23 Maret 2015.

Mowen, John, C dan Michael Minor. 2002. “Perilaku Konsumen”. Jilid kedua.

Nystrom P.H. 2016. Manajemen Pemasaran. Drs. M. Mursyid Ed. Bumi Aksara, Jakarta

Philip, D. 2012, Manajemen Pemasaran. Drs. M. Mursyid Ed. Bumi Aksara, Jakarta

Purnama, Dewi T. 2017. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota di Nasmoco Mlati Yogyakarta”, Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Permana, Adi. 2021. “Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Harga dan Lokalitas Pemberitaan terhadap Keputusan Pembelian Harian Jawa Pos Radar Jember pada Santri Ponpes Mabdaul Maarif dan Ponpes Darul Muqomah Jember”, Tesisi. Jember, IAIN Jember.

Pradhanawati, Ari, “Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kampung Batik Wiradesa Kabupaten Pekalongan”, Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 4, No. 2, 2015.

Rihasto. 2015. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian”, Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Setiawan. 2019. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Batik di Pasar Beringharjo Yogyakarta”, Skripsi. Universitas Sanata Dharma.

Schiffman dan Kamuk. 2008. “Perilaku konsumen”. Edisi &. Indeks: Jakarta

Stanton. 2013, Pengantar Manajemen Pemasaran. Dian Wijayanto, Spi, MM, MSE. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Stanton, WJ. 2016. Manajemen Pesaran. Drs. M. Mursyid Ed. Bumi Aksara, Jakarta

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta CV.

_______. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, Tina. 2012. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian”. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.

Swastha, Handoko. 2011. “Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen”. BPFE. Yogyakarta.

Tjiptono, F. 2012. “Strategi Pemasaran, Edisi Kedua,” Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

_______¬¬____. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi ke-2 STIESIA, Suarabaya.

Vionna, A. dan Bagus, I. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Perhiasan Emas Lancar Jaya Sekaran, Lamongan”, Jurnal Ekonomi Manajemen, 2019, Vol. 4, No. 1, diakses mei 2019

Wulandari, Dian. 2019. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian di Perusahaan daerah Aneka Usaha”. Skripsi. Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang.

Yunita, Afni. 2012. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Kasimura Supermart di Medan”. Tesis. Medan. Universitas Sumatra Utara M




DOI: http://dx.doi.org/10.29240/disclosure.v4i1.9720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Khittah Ashilah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

Google ScholarCrossrefMorarefDimensionsIndonesia One Search



free web stats Disclosure's Visitors
Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Disclosure's Visitors