Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Kejujuran Pada Lembaga Pendidikan

Muhammad Amin

Abstract


Saat ini dunia pendidikan mendapat sorotan yang tajam dari berbagai kalangan, tidak lain karena banyaknya generasi muda, khususnya pelajar melakukan tindakan-tindakan negatif, seperti tawuran, perkelahian, pencurian, dan tindakan kekerasan lainnya. Kondisi ini menunjukkan bahwa ada sesuatu yang keliru dalam sistem pendidikan nasional, terutama dalam hal pendidikan karakter. Oleh karena itu, pendidikan karakter terus didengungkan agar selalu menjadi perhatian yang serius dan diimplementasikan dalam lembaga pendidikan (sekolah). Salah satu unsur terpenting dalam pendidikan karakter adalah kejujuran. Sesungguhnya orang yang memiliki sifat jujur akan dihormati dan dikagumi oleh orang lain, bahkan Allah SWT menempatkan orang yang jujur pada golongan yang dicintai oleh Allah SWT. Sifat jujur ini merupakan salah satu sifat yang ada pada diri Nabi dan Rasul. Dewasa ini kejujuran merupakan sesuatu yang langka. Berbagai kasus terjadi, seperti kebiasaan mencontek di kalangan siswa, korupsi di berbagai level, penipuan, penggelapan uang, kasus kriminal lainnya, mulai dari kalangan pelajar sampai kalangan pejabat tinggi, dikarenakan faktor ketidakjujuran. Untuk itu, guru sebagai sentral dalam pendidikan di sekolah, memiliki peran yang penting dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak. Beberapa hal yang dapat diterapkan oleh guru dalam penanaman nilai kejujuran diantaranya; melakukan pengajaran secara terus-menerus dan terintegrasi antar setiap komponen sekolah, menjadikan dirinya sebagai suri teladan bagi anak didiknya, membiasakan peserta didik untuk berperilaku jujur, melakukan refleksi diri, dan memberikan punishment kepada anak yang berperilaku tidak jujur
Kata Kunci : Peran Guru, Kejujuran, Lembaga Pendidikan

Keywords


Peran Guru, Kejujuran, Lembaga Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung, Diponegoro, 2006

Agus Wibowo, Pendidikan Karakter: Strategi Membangun karakter Bangsa Berperadaban, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2012

Darmiyati Zuchdi, Pendidikan Karakter: Teori dan Praktik, Yogyakarta, UNY Press, 2011

Lili Firdayati, Menerapkan Nilai Kejujuran Dalam Pendidikan, www.kompasiana.com

E. Mulyana, Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta, Bumi Aksara, 2011

Muchlas Samani, Pendidikan Karakter: Konsep dan Model, Bandung, Remaja Rosda Karya, 2013,

Nurul Zuriah, Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan: Menggagas Platform Pendidikan Budi Pekerti Secara Kontekstual dan Futuristik, Jakarta, Bumi Aksara, 2007

W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka, 2007

Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter, Jakarta, kencana Prenada Media Group, 2011




DOI: http://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v1i1.222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Muhammad Amin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

CrossrefMorarefGoogle ScholarDimensionsIndonesia One SearchAcademia.EduPKP IndexBASE



free web stats Tadbir's Visitors
Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License