Pengembangan Keilmuan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Tinjauan Futurologi Pendidikan dan Pengembangan Kurikulum

Muhammad Amin, Sugiatno Sugiatno, Irwan Fathurrochman

Abstract


The background of this qualitative research is to look at the Curriculum IAIN as an Islamic Higher Education should have thought about the direction of the development of science in the future, if not then the Curriculum IAIN will be abandoned by both interested people and users, the results of the study indicate that the direction of scientific development of the MPI Study Program Department of Tarbiyah IAIN Curup refers to systemic theo-antrocosmocentric philosophy. The systemic theo-antrocosmocentric paradigm is the work of knowledge which is based on the efforts to attribute, enhance, and accommodate Islamic sciences, social-cultural sciences and science. Making these three families as a chain that cannot be broken which means to combine various elements of knowledge that originate from God and humanity. Deity consists of Islamic sciences including Islamic management. Humanity consists of sociology, culture, communication and science that develops and grows on local wisdom.

Keywords


Educational Futurology; Curriculum Development; Islamic Education Management

Full Text:

PDF

References


Abd. Sani, 2013, Inovasi Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara )

Abdul Ghofir, 1993, Pengenalan Kurikulum Madrasah, (Solo: CV, Ramadhani)

Agus Zaenul Fitri, Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam dari Normatif-Filosofis ke Praktis, (Bandung: Alfabeta, 2013

Alvin Toffler. 1992. Gelombang Ketiga (bagian kedua). Alih bahasa Sri Koesdiyantinah (Jakarta: Penerbit Pantja Simpati)

Alvin Toffler. 1992. Kejutan Masa Depan. Alih bahasa Sri Koesdiyantinah (Jakarta: Penerbit Pantja Simpati).

Amin, Muhammad, Arsil, Irwan Fathurrochman, Syaiful Bahri, Sri Rahmaningsih. (2019). Manajemen Mutu Pendidikan Pada Perguruan Tinggi. Rejang Lebong; LP2 IAIN Curup.

Amin, Muhammad, Sandya Suci Larasati, and Irwan Fathurrochman. "Implementasi Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Di Smp Kreatif Aisyiyah Rejang Lebong." Jurnal Literasiologi 1, no. 1 (2018): 19-19.

Amirul Hadi dan Haryono,1998, Metodologi Penelitian Pendidikan,(Jakarta: Pustaka setia)

Amirul Hadidan Haryono,(1998), Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : Pustakasetia

Arif, Arifuddin, 2008,Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. (Jakarta: Kultura)

Armahedi Mazhar, 1983, Integralisme Sebuah Rekonstruksi Filsafat Islam, (Bandung: Penerbit Pustaka)

Asep Herry Hernawan dkk., 2002, Modul 10, Pengembangan kurikulum dan pembelajaran: Perumusan Tujuan Pembelajaran, (Jakarta: Penerbit UT)

Azyumardi Azra, 1999. Esei-Esei Interlektual Muslim Dan Pendidikan Islam, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu), h. 31

Binti Maunah, Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi: Implementasi pada Tingkat Pendidikan Dasar (SD/MI)

Buchori, M. 2001. Pendidikan Antisipatoris. (Yogyakarta: Penerbit Kanisius)

Burhan Nurgiyantoro, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah: Sebuah Pengantar Teoritis dan Pelaksanaan, (Yogyakarta: BPFG, 1988)

Dakir. 2004. Perencanan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta. Rineka Cipta.

Deddy Mulyana, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Jakarta: RemajaRodaskarya)

Ella Yulaelawati 2003, Kurikulum dan Pembelajaran Filosofi teori dan aplikasi, Bandung: Pakar Raya).

Fathurrochman, Irwan, Eka Apriani, and Sri Rahmaningsih. "Analisis Rencana Pelaksanaan Program Pendukung Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) Di STAIN Curup." ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan 9, no. 2 (2018): 81-96.

Fathurrochman, Irwan. "Facebook Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar." ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan 9, no. 1 (2018): 1-28.

Fathurrochman, Irwan. "Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Santri Pondok Pesantren Hidayatullah/Panti Asuhan Anak Soleh Curup." TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 1, no. 1 (2017): 85-104.

Fathurrochman, Irwan. Pengembangan Kompetensi Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup. Manajer Pendidikan 11, no. 21 (2017): 12029.

Hasan Langgulung, 1986, Manusia Dan Pendidikan, Suatu Analisa Psikologi Dan Pendidikan (Jakarta: PT Alhusna Zikra)

Hasan Langgulung, 2000. Asas-Asa Pendidikan Islam (Jakarta: Al-Husna Zikra)

Hasan Alwi, dkk., 2003, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka)

Ibn Kathir 1988, Tafsir al-Quran al-Azim, j. 1, Husayn Ibrahim Zahran (ed.).Beirut: Dar al-Fikr)

Iin Purnamasari, Rekonstruksionisme-Futuristik Dalam Pendidikan Di Indonesia, Jurnal Ilmiah CIVIS, Volume V, No 2, Juli 2015

Imron, Ali. 2012. Kebijakan Pendidikan di Indonesia: Proses, Produk & Masa Depannya. (Jakarta: PT Bumi Aksara)

Jalaluddin,2002, Filsafat Pendidikan, (Jakarta: Gaya Media Pratama)

Jhon M Echols dan Hasan Shadly, 2000, Paradigma Pendidikan Masa Depan, (Yogyakarta: Bigraf)

Lexy J. Moleong, 2006, Metodologi Penelitian kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya)

Miles,M.B, dan Huberman, M, 1992, Qualitative Data Analisi A sour cebook of New Method,(Baverly Hills: Sage Publication)

Miles,M.B, danHuberman, 1992 M,Qualitative Data Analisi A sour cebook of New Method, Baverly Hills: Sage Publication

Morin, E. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. (Yogyakarta: Kanisius)

Muhadjir, N. 2000. Kebijakan dan Perencanaan Sosial: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Telaah Cross Discipline. (Yogyakarta: Rake Sarasin)

Muhaimin, 1991, Konsep Pendidikan Islam, (Solo: CV.Ramadhani)

Muhammad Ilyasin dan Nanik Nurhayati, 2012, Manajemen Pendidikan Islam, (Malang: AM. Publishing)

Muhammad Zaini, 2009, Pengembangan Kurikulum: Konsep Implementasi dan Inovasi, (Yogyakarta: Teras)

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana, 2005, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah, Sinar Baru Algensindo

Nana Syaodih Sukmadinata, 2013, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, (Bandung: Remaja Rosdakarya)

Nasution,1999, Asas-asas Kurikulum, (Jakarta: Bumi Aksara)

Nawawi, H. 2003. Manajemen Strategik Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan Dengan Ilustrasi di Bidang Pendidikan. (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press).

Nurgiantoro 1988, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah, (Yogyakarta: BPFE), Hendyat Soetopo, 1986, Pembinaan dan pengembangan kurikulum, (Jakarta: Bina Aksara)

Nuzuar, Irwan Fathurrochman, Muhammad Amin. (2017). Manajemen dan Metodologi Pendidikan Agama Islam. Rejang Lebong; LP2 IAIN Curup.

Oemar Hamalik,1993, Pengambangan Kurikulum Lembaga Pendidikan dan Pelatihan, (Bandung: PT. Tri Genda Karya)

Parker, Jeanette Plauche 2004, Developing Creative Leadership.(Portsmouth: Teacher Ideas Press)

Ramayulis, 2008, Ilmu Pendidikan Islam. (Jakarta: kalam Mulia).

Ristianti, Dina Hajja, Sudarwan Danim, Hadi Winarto, and I Wayan Dharmayana. The Development Of Group Counselling Assessment Instruments. International Journal of Scientific & Technology Research 8, no. 10 (2019): 26772. http://www.ijstr.org/paper-references.php?ref=IJSTR-1019-23814.

Ristianti, Dina Hajja. "Pengaruh Pemahaman Mahasiswa Terhadap Program Studi Dengan Ketahanan Belajar Mahasiswa (Studi Terhadap Mahasiswa Tahun Akademik 2014/2015 Jurusan Tarbiyah STAIN CURUP)." PROCEEDING IAIN Batusangkar 1, no. 1 (2017): 199-212.

Rusman, 2009, Manajemen Kurikulum, (Jakarta: Raja Grafindo Persada)

Safruddin Nurdin, 2002, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum,(Jakarta: Ciputat Pers)

Shane, H. G. 2002, Arti Pendidikan Bagi Masa Depan (EdisiKetiga). (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada).

Sintia Catur Sutantri, Hubungan Antara Teori Sistem Dan Futurologi Januari 04, 2017

Sudjana, D., 2004 Manajemen Program Pendidikan: Untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. (Bandung: Falah Production).

Sugiatno, Sugiatno. "Desain Kelembagaan Satuan Pengawas Internal (SPI) di STAIN Curup (Sebuah Penawaran Desain SPI Untuk Efektivitas Dan Efisien Pengelolaan Keuangan, Kinerja Pegawai Dan Aset Negara)." Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 2, no. 1 (2018): 89-106.

Suharsimi Arikunto,1998, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta

Sukmadinata, Nana Syaodih . 2005. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung. Remaja Rosdakarya. cet. ke-7.

TarsitoWinarto,1993, Pengantar Penelitian, Bandung : Mizan

Tilaar 2003,Manajemen Pendidikan Nasional. (Bandung: Remaja Rosdakarya), h. xii

Tilaar. H. A. R. 2000. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. (Jakarta: PT. Rineka)

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI, Manajemen Pendidikan, (Bandung: Alfabeta)

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Ed. 3. (Jakarta. Rajawali Pres).

Tim Penulisan, Profil STAIN Curup, LP2M STAIN Curup, 2016

Udik Budi Wibowo Artikel ini telah dimuat dalam Jurnal Manajemen Pendidikan No.02/ThIII/Oktober/2007. ISSN: 1978-1938

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2014. Jakarta: Sinar Grafika.

Usman Husaini, 2005, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: PT Bumi Aksara)

Van Hoeve; Hassan Shadily.Ensiklopedia Indonesia, Jilid 7.(Jakarta: Ichtiar Baru), Dalam Wikipedia di akses tanggal 20 Agustus 2018.

Waryani Fajar Riyanto, Studi Islam Indonesia (1950-2014): Rekontruksi Sejarah Perkemnangan Studi Islam Integratif dii Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) dan AICIS. (Ponorogo: STAIN Ponorogo Press, 2014).




DOI: http://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muhammad Amin, Sugiatno Sugiatno, Irwan Fathurrochman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

CrossrefMorarefGoogle ScholarDimensionsIndonesia One SearchAcademia.EduPKP IndexBASE



free web stats Tadbir's Visitors
Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License