Pesan Moral Dalam Tayangan Adzan Maghrib Di Rcti

Afner Gus Chandra

Abstract


Dalam penelitian ini mengangkat tentang Pesan Moral dalam Tayangan Adzan Maghrib di RCTI pada periode 2014/2015 dengan tema Bertaubat. Peneliti ini membahas tentang bagaimana pesan moral yang tekandung dalam adegan dan storyline dalam tayangan adzan maghrib di RCTI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis yang digunakan adalah semiotika menurut Roland Barthes. Analisis terhadap tayangan ini berdasarkan hasil wawancara kepada Tim Kreatif dan dokumentasi yang ditinjau dari unsur adegan-adegan pada pemeran utama dan storyline sebagai acuan pengolah data. Sebagai indikator dalam penelitian ini adalah terkait moral akhlak, diantaranya tawadhu, lemah lembut, beramal shaleh, kasih sayang, sabar, dan pemaaf. Dari penelitian diketahui bahwa dalam tayangan adzan dengan tema Bertaubat, menampilkan beberapa adegan yang mengandung pesan moral positif. Pesan moral tersebut yaitu sifat tawadhu yang dilakukan saat bertemu orang lain dan orang yang lebih tua, sifat lemah lembut dalam pergaulan, beramal shaleh dalam menjalani kehidupan, kasih sayang yang penuh kepada seorang ibu, sabar dalam menjalani pergaulan dan kehidupan antar sesama manusia, serta senantiasa memberikan maaf kepada orang lain, meskipun orang tersebut telah berbuat jahat. Pesan akhir pada tayangan adzan tersebut adalah memaafkan antar sesama sebagai upaya untuk mendapatkan kemenangan dan persatuan.


Keywords


Adzan, Pesan Moral, Tayangan, Visual.

Full Text:

PDF

References


Armuza, Arham, Rahasia Dahsyatnya Adzan: Hayya Alal Falah, Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, 2010.

Hajjaj, Muh. Fauqi, Tasawuf Islam & Akhlak, Terj. Kamran Asat Irsyady & Fakhri Ghazali, Jakarta: Amzah,2011.

Ibrahim, Idi Subandi, Bercinta Dengan Televisi, Bandung: Remadja Rosdakarya, 1997. Khaled, Amr, Buku Pintar Akhlak, terj. Fauzi Faisal Bahreisy, Jakarta: Zaman, 2010.

Kuswadi, Wawan, Komunikasi Massa: Sebuah Ananlisis Media Televisi, Jakarta: Rineka Cipta, 1996.

Raco, J.R., Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Grasindo, 2010.

Rakhmat, Jalaluddin, Metode Penelitian Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya. Sobur, Alex, Semiotika Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Skripsi

Fathur Rozi, Makna Visual Tayangan Adzan, Jurnal Penelitian Ilmu Komunikasi, (Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2008).

Otong Roffy, Pesan Moral Islami Dalam Film Negeri 5 Menara, Skripsi Fak. Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, (Yogyakarta: Komunikasi dan Penyiaran Islam,2013).

Ita Basitha Firman, Kultural Islam Dalam Tayangan Adzan Maghrib Di RCTI, Skripsi Fak. Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah, (Jakarta: Komunikasi dan Penyiaran Islam,2014).

Website

Rajawali Citra Televisi Indonesia, Profile Perusahaan, dalam http://www.rcti.tv/profile/ view/1/Profile%20Perusahaan.

Wawancara

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam program acara The Interview di Net Tv, 20 Oktober 2015.

Wawancara dengan Gandes Krisantyo, Kreatif Produksi Tayangan Adzan RCTI, 17 September 2105.




DOI: http://dx.doi.org/10.29240/jdk.v4i1.885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Afner Gus Chandra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

CrossrefMorarefGoogle ScholarDimensionsPKP Index



free web stats JDK's Visitors
Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.