Media Dakwah Anak Dan Respons Masyarakat: Analisis SWOT Terhadap Animasi Nussa Dan Rarra

Kurnia Faizatul Muna, Fathurrohman Husen

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi respons masyarakat terhadap animasi Nussa dan Rara sebagai sarana dakwah anak-anak dan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan dalam penggunaan animasi ini. Penelitian menggunakan metode etnografi virtual untuk mengamati komentar netizen di internet dan data dianalisis menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan respons masyarakat cenderung positif dengan banyak komentar yang mengapresiasi nilai-nilai positif dalam animasi tersebut. Kekuatan animasi ini meliputi pesan dakwah yang mudah dipahami anak-anak, tampilan visual yang menarik, dan dukungan dari tokoh publik. Peneliti mengidentifikasi kelemahan seperti kekhawatiran terhadap pengaruh nilai-nilai budaya lokal dan kontroversi terkait konten dakwah yang dianggap terlalu eksklusif. Peluang yang ditemukan meliputi potensi untuk mencapai audiens yang lebih luas, meningkatkan pemahaman anak-anak tentang nilai-nilai agama, serta potensi untuk dikembangkan dalam berbagai media dan platform. Tantangan dalam penggunaan animasi Nussa dan Rara meliputi komentar negatif dan persaingan dari animasi lain. Penelitian ini berkontribusi dalam memahami penggunaan animasi sebagai sarana dakwah anak-anak dan menjadi dasar bagi pengembangan animasi Nussa dan Rara dan animasi dakwah lainnya di masa yang akan datang.


Keywords


Animasi, Media, Da’wah, Nussa dan Rara

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Abdullah. “Analisis Swot Dakwah Di Indonesia: Upaya Merumuskan Peta Dakwah.” MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 36, no. 2 (Desember 2, 2012). https://doi.org/10.30821/miqot.v36i2.125.

Achmad, Zainal Abidin, dan Rachmah Ida. “Etnografi Virtual Sebagai Teknik Pengumpulan Data Dan Metode Penelitian.” The Journal of Society & Media 2, no. 2 (Oktober 29, 2018): 130. https://doi.org/10.26740/jsm.v2n2.p130-145.

Afrilia, Fanny Rizka, ‘Analisis Nilai Karakter Dalam Film Nussa Dan Rara Karya Aditya Triantoro’, Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 2020

Anggraini, L. I, ‘Nilai-Nilai Islam Dalam Serial Animasi Nussa (Analisis Narasi Tzvetan Todorov)’, Iain Purwokerto, 2019

Astriyadi, N, ‘Pembelajaran Parenting Terhadap Anak Melalui Sebuah Animasi Nussa Dan Rara’, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020

Elly Zati Nur Alfi Sanah, Eko Agus Basuki Oemar. “Analisis Semiotika Nilai Pendidikan Karakter Tokoh Nussa Dan Rara Pada Film Animasi Nussa Season Dua.” Jurnal Seni Rupa 09, no. 2 (2021): 289.

Jannah, Maisal. “Keteladanan Tokoh Dalam Serial Animasi Nussa Official.” Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam 3, no. 2 (2020).

Jonas, Ayu Alfiah, ‘Film Animasi Nussa Dan Rara; Sejarah, Kontroversi Hingga Dukungan Publik’, Bincang Syariah, 2021 https://bincangsyariah.com/khazanah/film-animasi-nussa-dan-rara-sejarah-kontroversi-hingga-dukungan-publik/

Langga, F. H., Ahmad, H. A., & Mansoor, A. Z, ‘Representasi Islami Dalam Animasi “Nussa” Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak’, Rekam, 16.(2) (2020) https://doi.org/https://doi.org/10.24821/rekam.v16i2.3612

Masrur, Muhammad Shodiq, dan Asyhari Amri. “Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Film Animasi Nussa Episode Sholat Itu Wajib.” PALAPA 9, no. 1 (Mei 25, 2021): 55–75. https://doi.org/10.36088/palapa.v9i1.984.

Miles, M. B, Huberman, A. M, dan Saldana, J, Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, ed. by UI-Press Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, Qualitativ (USA: Sage Publications, 2014)

Pertiwi, Annisa. “Film Nussa Dan Rara Dituding Memuat Radikalisme, Ini Tanggapan Produsernya.” The Asian Parent. Diakses April 16, 2023. https://id.theasianparent.com/film-nussa.

Pimay, Awaludin, dan Fania Mutiara Savitri. “Dinamika dakwah Islam di era modern.” Jurnal Ilmu Dakwah 41, no. 1 (Juni 30, 2021): 43–55. https://doi.org/10.21580/jid.v41.1.7847.

Prastiwi, Devira, ‘5 Hal Terkait Serial Animasi Nussa Yang Dihentikan Penayangannya’, Liputan 6, 2021 https://doi.org/https://www.liputan6.com/news/read/4449577/5-hal-terkait-serial-animasi-nussa-yang-dihentikan-penayangannya

Prihandini, Puji, dan Renata Anisa, ‘Studi Etnografi Virtual Tentang Budaya Mahasiswa Dalam Perkuliahan Online Di Aplikasi Zoom’, Media Komunikasi FPIPS, 20.2 (2021), 81–92

Qodriyah, S. L, ‘Youtube Sebagai Media Dakwah Di Era Milenial (Channel Nussa Official).’, Jurnal Studi Islam Dan Kemuhammadiyahan (JASIKA), 1.(2) (2021) https://doi.org/https://doi.org/10.18196/jasika.v1i2.14

Ristianto, D., Putri, A. R., & Illananingtyas, T, ‘Pesan Dakwah Akhlak Dalam Animasi Serial Nusa Dan Rara Pada Episode Toleransi Di Media Youtube, Analisis Simiotik’, 3.(1) (2020)

Sari, D. K., & Masfi’ah, S, ‘Efektivitas Media Film Animasi Nussa Dan Rara Untuk Mengenalkan Ketauhidan Pada Anak Usia 5-6 Tahun’, 4, 2021, (1)

Setiawan, Noval, and Arifatul Khiyaroh. “Urgensi Dan Strategi Dakwah Santri di Era Digitalisasi.” Jurnal Dakwah dan Komunikasi 7, no. 2 (November 28, 2022): 223. https://doi.org/10.29240/jdk.v7i2.5774.

Suharto. “KOMUNIKASI DAKWAH: Interaksi Dan Integritas Media Sosial.” Al-Misbah 9, no. 01 (2013).

Sutrisno, Edy. Dakwah Digital Di Era Milenial. Jakarta: Guepedia, 2022.

Verolyna, Dita, and Intan Kurnia Syaputri. “Cyber Dakwah: Plus Minus Penyiaran Islam Pada Era Disruptif.” Jurnal Dakwah dan Komunikasi 6, no. 1 (June 24, 2021): 23. https://doi.org/10.29240/jdk.v6i1.2955.

Viki Fadhilah, Meti andani, Sri Yulianti, & Yazida Ichsan, ‘Peran Seni Islam Dalam Film Pendek Nussa “Belajar Jujur” Sebagai Media Dakwah Pembinaan Akhlak’, Busyro : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 3.(2) (2022), 76–81 https://doi.org/https://doi.org/10.55352/kpi.v3i2.476




DOI: http://dx.doi.org/10.29240/jdk.v8i1.7626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Kurnia Faizatul Muna, Fathurrohman Husen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

CrossrefMorarefGoogle ScholarDimensionsPKP Index



free web stats JDK's Visitors
Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.