Representasi Akhlak Sebagai Nilai Dakwah Dalam Kumpulan Esai Dari Bilik Pesantren Karya Ahmad Khadafi: Kajian Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough

Ahmad Alfi, Dian Uswatun Hasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan representasi akhlak sebagai nilai dakwah yang terkandung dalam kumpulan esai Dari Bilik Pesantren karya Ahmad Khadafi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan strategi analisis isi. Data berupa kata dan kalimat yang bersumber dari kumpulan esai Dari Bilik Pesantren. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam kumpulan esai Dari Bilik Pesantren meliputi akhlak hubungan antara manusia dengan Allah (hablumminallah), akhlak terhadap sesama manusia, dam akhlak dengan hati nurani. Akhlak hubungan manusia dengan Allah terdapat dalam esai yang berjudul Buang Air Besar dalam Puasa dan Zakat, Dompet Nyai dan Satpam Takut Masuk Pesantren. Akhlak terhadap sesama manusia terdapat dalam esai yang berjudul Dompet Nyai dan Satpam Takut Masuk Pesantren. Akhlak dengan hati nurani terdapat dalam esai yang berjudul Sandal Bertuliskan “Abah” Kiai Ma‟ruf. Dari penelitian ini dapat diketahui juga bahwa nilai-nilai akhlak yang direpresentasikan dalam kumpulan esai tersebut, memberikan manfaat dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi contoh yang kuat serta bisa mempengaruhi tindakan individu. Selain itu kumpulan esai tersebut dapat berperan sebagai sumber pembelajaran dan refleksi yang bermanfaat bagi individu dan masyarakat secara keseluruhan.


Keywords


represantasi, akhlak, esai, Dari Bilik Pesantren

Full Text:

PDF

References


Adham, Januar. (2020). Nilai Pendidikan Moral dalam Novel Simbok Karya Dewi Helsper dan Relevansinya terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Edukasi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1 (2), 359-369

Bafadhol, Ibrahim. (2017). Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(12), 45-61

CNN Indonesia. (2020). Polisi Tetapkan Tiga Tersangka Kasus Bullying SMP Purworejo.

Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles, London, New Delhi, Singapore, Washington Los Angeles, London, New Delhi, Singapore, Washington: Sage Publications, Inc.

Cropley, A. (2019). Introduction to Qualitative Research Methods. Riga, Latvia: Zinātne. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.3095.6888.

Darma, Y. A. (2014). Analisis Wacana Kritis dalam Multiperspektif. Bandung: PT. Revika Aditama.

Dahlan, M. (2016). Inilah Esai (Tangkas Menulis Bersama Pesohor). Yogyakarta: I:Boekoe.

Fatmawati. (2022). Representasi Nilai pendidikan Akhlak Tasawuf dalam Novel Kembara Rindu Karya Habiburrahman El Shirazy. Jurnal Edukasi Vol (1) 15-25.

Isnaniah, S. (2014). Representasi Ajaran Islam dalam Novel-Novel karya Habiburrahman El Shirazy. Universitas Sebelas Maret.

Khadafi, A. (2019). Dari Bilik Pesantren (Kumpulan Esai Tentang Santri, Kiai, dan Pesantren). Yogyakarta: EA Book.

Kurniawan, Asep. (2016). Peran dalam Pembinaan Akhlak di Dunia Pendidikan di Tengah Krisis Spiritualitas Masyarakat Modern. Yaqzhan, 2(1), 80-98

Miles, M. B., & A. Michael Huberman. (1994). Qualitatve Data Analysis. London: Sage Publications.

Mulyana. (2005). Kanjian Wacana Teori, Metode & Aplikasi, Prinsip-Prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Shidiq, A. (2015). Tradisi Akademik Pesantren. Tadris, 10(2).

Soejono, Abdurrahman. (2005). Metode Penelitian Komunikasi. Jakarta: Ringka Cipta.

Sutardi, & Kurniawan, H. (2011). Penulisan Sastra Kreatif. Lamongan: CV Pustaka Ilalang.

Tanjung, I. (2020). Viral Sejumlah Wali Murid Mengamuk di Pesantren, Tak Terima Anaknya Dikeluarkan.

Thohiron, Q. (2017). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Ad_Durul Mukhtar Min Manaqib Asy Syaikh Ahmad Umar Karya KH. Ahmad Baidlowi Syamsuri. IAIN Surakarta.

Weber, R. P. (1990). Basic Content Analysis. Iowa City: Sage Publications, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.29240/jdk.v8i1.7330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ahmad Alfi, Dian Uswatun Hasanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

CrossrefMorarefGoogle ScholarDimensionsPKP Index



free web stats JDK's Visitors
Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.