Cyber Dakwah: Plus Minus Penyiaran Islam Pada Era Disruptif
DOI:
https://doi.org/10.29240/jdk.v6i1.2955Keywords:
Da'wah, Cyber, Broadcasting, DisruptiveAbstract
Dakwah bertujuan untuk mengubah tingkah laku menjadi lebih baik dan diwujudkan dalam perbuatan amal sholeh. Dakwah menjadi bagian dari proses komunikasi tapi tidak semua komunikasi perarti proses dakwah. Pemanfaatan media online menjadi tantangan dan peluang bagi aktivitas dakwah.Setidaknya kelebihan media internet adalah jumlah pengguna yang semakin meningkat.Untuk itu dakwah virtual atau cyber dakwah menjadi suatu keniscayaan saat ini.Metode penelitian dalam tulisan ini menggunakan etnografi virtual dengan mengobservasi pada akun media resmi para da’i populer di Indonesia yaitu Khalid Basalamah, Abdul Somad dan Hanan Attaki. Hasil pengamatan peneliti saat ini para da’i kondang masih berpijak pada syiar islam dan belum tergerus oleh celah komodifikasi konten. Da’i memanfaatkan teknologi untuk menjangkau mad’u yang lebih luas dan beradaptasi dengan media yang relevan pada era disruptif.
Downloads
References
Achmad, Zainal Abidin, and Rachmah Ida, ‘Etnografi Virtual Sebagai Teknik Pengumpulan Data Dan Metode Penelitian’, The Journal of Society & Media, 2.2 (2018), 130 <https://doi.org/10.26740/jsm.v2n2.p130-145>
Ahmad, Nur, ‘Tantangan Dakwah Di Era Teknologi Dan Informasi’, At-Tabsyir, I.Juni 2013 (2013),
Arifin, Ferdi, ‘Mubalig Youtube Dan Komodifikasi Konten Dakwah’, Al-Balagh: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 4(1) (2019), 91–120 <https://doi.org/https://doi.org/10.22515/balagh.v4i1.1718>
Azaian, Noor, Binti Abdul, Mohd Yusof Abdullah, Mohd Azul, and Mohamad Salleh, ‘Cabaran Dakwah Islam Di Alam Siber’, 2017
Bakti, Andi Faisal, ‘Trendsetter Komunikasi Di Era Digital : Tantangan Dan Peluang Pendidikan Komunikasi Dan Penyiaran Islam’, 04 (2014)
Fakhruroji, Moch, Dakwah Di Era Media Baru, ed. by Triadi Iqbal Nugraha, I (Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2017)
Hakim, Lukman, ‘Volume 11 No . 1 Juli 2020 Cyberculture On Social Media : Identity As Trash Of Information Budaya Siber Di Media Sosial : Identitas Sebagai Sampah Informasi’, 11.1 (2020)
Haris, Riri Nugraha, ‘Motivasi Hijrah Milenial Muslim Perkotaan Melalui Dakwah Digital’, Muharrik, 3.02 (2020), <https://doi.org/10.37680/muharrik.v3i02.398>
Hootsuite, Indonesia Digital Report 2020, Global Digital Insights, 2020 <https://datareportal.com/reports/digital-2020-global-digital-overview>
Iman, M Sofiatul, ‘Praktisi Dakwah ( Resolusi Da ’ i Dalam Menyikapi Masyarakat Cyber ) Dakwah Merupakan Aktivitas Mengajak Manusia Kepada Jalan Yang Dikehendaki Allah Swt , Karenanya ( Hamba Alllah ) Tanpa Adanya Aktivitas Seberapa Banyak Jamaah Yang Hadir Saat Aktivitas D’, Media Kita, 2.Juli 2018 (2018)
Lestari, Puput Puji, Universitas Islam, Negeri Sunan, and Kalijaga Yogyakarta, ‘Dakwah Digital Dan Generasi Milenial’, Tasamuh, 21.1 (2020), 41–58
Luqman, Stai, ‘Volume VIII Nomor 2 Maret – Agustus 2019’, VIII (2019), 95–116
Marzal, Jefri, ‘Revolusi Industri 4.0, Bagaimana Meresponnya’, Humas Universitas Jambi, 2019 <https://www.unja.ac.id/2019/08/19/revolusi-industri-4-0-bagaimana-meresponnya/> [accessed 25 February 2021]
Munir, Muhammad, and wahyu ilaihi, Manajemen Dakwah Cetakan I (Jakarta:Kencana, 2006), h. 32. 16 ` (Jakarta: Kencana, 2006)
Nuha, AA ; Masyhuri, ‘Post Dakwah Di Era Cyber Culture’, Dakwatuna, 6.Agustus 2020 (2020)
Rachman, Rio Febriannur, ‘Perspektif Karen Armstrong Tentang Islamofobia Di Media Barat’, Dakwatuna: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 4.2 (2018)
Suheri, ‘Peran Komunikasi Publik Dalam Menyampaikan Dakwah Islam’, Jurnal Network Media, 01.2 (2016), 7–25
Sulaeman, Arif Ramdan, Anhar Fazri, and Steve Chen, ‘Strategi Pemanfaatan Youtube Dalam Bidang Dakwah Oleh Ulama Aceh Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Komunikasi Dalam Menyampaikan Materi Bukan Hanya Digunakan Oleh Ustaz-Ustaz’, 11.1 (2020)
Suratmadji, Teddy, Dakwah Di Dunia Cyber (Jakarta: Madani Institute, 2010)
Suriani, Julis, ‘Komunikasi Dakwah Di Era Cyber’, An-Nida’ : Jurnal Pemikiran Islam, 42.2 (2018)
Sutrisno, Edy, ‘Moderasi Dakwah Di Era Digital Dalam Upaya Membangun Peradaban Baru’, 1.1 (2020), 56–83
Syahputra, Zoko, ‘Strategi Dakwah Berbasis Social Network ( Tinjauan Majelis Dakwah Al-Bahjah Cirebon )’, 1.1 (2018)
Tanjung, Armaidi, ‘Dakwah Di Cybers Space : Peluang Dan Tantangannya’, 2018
Ulfa, Luthfi, ‘Da ’ i Dan Pemanfaatan Instagram : Tantangan Moderasi Dakwah Di Era Digital’, Jurnal Komunikasi Islam, 09.2 (2019)
Ummah, Athik Hidayatul, M Khairul Khatoni, and M Khairurromadhan, ‘Podcast Sebagai Strategi Dakwah Di Era Digital : Analisis Peluang Dan Tantangan’, XII.2 (2020)
Verolyna, Dita, ‘Penguatan Literasi Publik Di Era Keberlimpahan Informasi’, in Literasi Media Baru Dan Perilaku ‘Potong Kompas’’’ (UNIB PRESS, 2017), pp.
Wibowo, Adi, ‘Penggunaan Media Sosial Sebagai Trend Media Dakwah Pendidikan Islam Di Era Digital’, 03.02 (2019)
Yahya, Muhammad, ‘Dakwah “Virtual†Masyarakat Bermedia Online’, Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4.2 Mei 2019 (2019)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Dakwah dan Komunikasi agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).