Pola Komunikasi Keluarga Cerai Dalam Membina Perilaku Anak (Communication Pattern Divorce Family In Fostering Children’s Behavior)

Riri Fitria, Rafinita Aditia, Ernes Marselina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi keluarga cerai dalam membina perilaku anak. Jenis penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini merupakan data kualitatif sebagai data primer berupa gambar, kata-kata dan bukan angka-angka dalam sebuah wacana mengenai pola komunikasi keluarga cerai dalam membina perilaku anak. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa pola komunikasi yang berada di keluarga cerai cenderung tidak efektif. Pasca-cerai interaksi antara orangtua dan anak tidak akan seintents saat keluarga utuh karena kurang dibangunnya komunikasi anatara anak dan orangtua. Tetapi hal ini dapat diubah dengan membentuk pola komunikasi empatik significant others dari single mother atau single father untuk memberikan pemahaman positif bagi anak. Tujuan pola komunikasi tersebut untuk membangun kembali konstruksi konsep positif diri pada anak. Sehingga permbinaan perilaku pada anak dapat lebih mudah untuk dilakukan.

Keywords


Communication Pattern, Divorce Family, Behavior

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29240/jdk.v5i2.2261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Riri Fitria, Rafinita Aditia, Ernes Marselina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

CrossrefMorarefGoogle ScholarDimensionsPKP Index



free web stats JDK's Visitors
Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.