Peran Organisasi Ekstra Kampus Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.29240/jdk.v5i2.2156Keywords:
organisasi Ekstra Kampus, PMII, Kemampuan KomunikasiAbstract
Penelitian bertujuan penemukan gambaran tentang peran organisasiekstra kampus terutama organisasi pergerakan Mahasiswa Islam
Indonesia (PMII) bagi peningkatan kemampuan berkomunikasi
mahasiswa Pendidikan Agama Islam IAIN Curup. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dan informan penelitiannya adalah
mahasiswa program studi PAI yang tergabung dalam organisasi PMII
Cabang Curup. Data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul lalu dianalisis
dengan menggukana tahapan versi Miles, Haberman dan Saldana, yaitu
Reduksi data, Penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini
memperoleh simpulan bahwa organisasi ekstra PMII dapat mengasah kemampuan komunikasi yang sagat diperlukan oleh mahasiswa sebagai
calon pendidik melalui sistem pengkaderan baik formal maupun nonformal dan PMII memberi ruang untuk mahasiswa agar bisa mengikuti
seminar atau pelatihan yang tidak didapatkan di tempat lain.
Downloads
References
Alamsyah, Andi Rahman, Abdi Rahmat, Ardy Cresna Crenata, Harry Bawono, Jauharul Anwar, Langgeng Prima Anggradinata, M. Didit Saleh, and Muhammad R. Damm / Triyanto. Gerakan Pemuda Ansor: Dari Era Kolonial hingga Pascareformasi. Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2018.
Alfiana, Arini Dwi. ―Regulasi Diri Mahasiswa Ditinjau Dari Keikutsertaan Dalam Organisasi Kemahasiswaan.‖ Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan 1, no. 2 (2013): 245–259.
Anggraini, Fransiska Silvia Novinda, Azhar Haq, and Fita Mustafida.
―Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya 5s (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun).‖ JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 2 (2019): 147–153.
Aqsar, Muhammad Aidil. ―KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN.‖ ALHADI 3, no. 2 (2018): 699–706. Arif, Syaiful. Gus Dur dan Ilmu Sosial Transformatif. Penerbit Koekoesan, 2009.
Arnata, I. Wayan, and Sutarjo Surjoseputro. ―Evaluasi Soft Skills Dalam Pembelajaran Mahasiswa Baru Di Fakultas Teknologi PertanianUniversitas Udayana.‖ Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP) 21, no. 1 (2015): 01–09.
Arrozy, Ahmad Mujahid. ―Antara Jakarta dan Yogyakarta: Gerakan Mahasiswa Islam Pada Masa Orde Baru,‖ 2013.
Budiman, Ibnu. Geopolitik Islam Kampus: UI: Indonesia, Islam, dan Ikhwah (n). GrePublishing, 2014.
Colorafi, Karen Jiggins, and Bronwynne Evans. ―Qualitative DescriptiveMethods in Health Science Research.‖ Herd: Health Environments Research & Design Journal 9, no. 4 (2016): 16–25.
Damayanti, Rica, and Oksiana Jatiningsih. ―Sikap Sopan Santun Remaja
Pedesaan Dan Perkotaan Di Madiun.‖ Kajian Moral Dan Kewarganegaraan
, no. 2 (2014): 912–926.
Gumilang, Galang Surya. ―Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang
Bimbingan Dan Konseling.‖ Jurnal Fokus Konseling 2, no. 2 (2016).
Hadi, Sumasno. ―Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada
Skripsi.‖ Jurnal Ilmu Pendidikan 22, no. 1 (2017).
Hakki, Ahmad Sultra Rustan dan Nurhakki. Pengantar Ilmu Komunikasi.
Deepublish, 2017.
Hasanah, Hasyim. ―Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode
Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial).‖ At-Taqaddum 8, no. 1
(2017): 21–46.
Hashimov, Elmar. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook and The Coding
Manual for Qualitative Researchers: Matthew B. Miles, A. Michael Huberman,
and Johnny Saldaña. Thousand Oaks, CA: SAGE, 2014. 381 Pp. Johnny
Saldaña. Thousand Oaks, CA: SAGE, 2013. 303 Pp. Taylor & Francis,
Ida, Laode. NU Muda: Kaum Progresif Dan Sekularisme Baru. Erlangga, 2004.
Jamalludin, Jamalludin. ―Manfaat Media Komunikasi dalam Pendidikan dan
Pembelajaran.‖ At-Tabligh 1, no. 1 (2016): 14–26.
Jubaedah, Siti. ―Gerakan Mahasiswa (Kajian Tentang Peranan Mahasiswa
Universitas Trisakti Pada Mei 1998 Dalam Proses Pergantian Kekuasaan
Orde Baru).‖ Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah 8, no. 2 (2019): 18–40.
Kurniwan, Yosua, and Ayub Ilfandy Imran. ―Pengaruh Efektivitas Komunikasi
Instruksional Pelatih Sekolah Sepakbola Ketika Pertandingan
Berlangsung Terhadap Kinerja Pemain (Studi Kuantitatif Pada Pemain
U-10 Ssb Uni Bandung).‖ EProceedings of Management 5, no. 1 (2018).
Lanani, Karman. ―Belajar Berkomunikasi Dan Komunikasi Untuk Belajar Dalam
Pembelajaran Matematika.‖ Infinity Journal 2, no. 1 (2013): 13–25.
Manalu, Effendi, and Ria Mei Christina Saragih. ―Meningkatkan Kemampuan
Kognitif Siswa Melalui Model Pembelajaran Student Facilitator and
Explaining Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Sei Rotan.‖
Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed 1, no. 2 (2014).
Marlina, Marlina. ―Teori Behavior Dalam Meningkatkan Motivasi Hafalan Surat
Pendek Al-Quran.‖ Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam 6, no. 4 (2018): 407–426.
Marsono, Marsono. ―Peningkatan Kemampuan Menyusun Silabus Mulok Kebencanaan Melalui Pelatihan Bagi Guru Kelas Atas.‖ Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan 11, no. 2 (2019): 103–116.
Miles, Matthew B., M. A. Huberman, and J. Saldana. ―Qualitative Analysis: An Expanded Sourcebook.‖ Thousand Oaks, CA: Sage, 1994.
Miles, Matthew B., M. A. Huberman, and Johnny Saldana. ―Drawing and Verifying Conclusions. Qualitative Data Analysis: A Methods
Sourcebook,‖ 2014.
Moleong, Lexi J. Methodology of Qualitative Research. Bandung: Remaja Rosda Karya,
Mukhlis, Mukhlis. ―Retorika Komunikasi Verbal Bagi Calon Guru,‖ 2017.
———. ―Retorika Komunikasi Verbal Bagi Calon Guru,‖ 2017.
Murti, Dian Citra, and Wisnu Sri Hertinjung. ―Peran Daya Juang Dengan
Prestasi Tahfidzul Quran.‖ Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi 2, no. 1
(2017).
Pertiwi, Mustika Cahyaning, Awang Sulistiyawan, Irma Rahmawati, and Honest
Ummi Kaltsum. ―Hubungan Organisasi Dengan Mahasiswa Dalam
Menciptakan Leadership,‖ 2015.
PUTRA, robby aditya. Diskursus Branding Perempuan Pondok Pesantren di Instagram (Studi Kasus Pondok Pesantren Modern Gontor Putri 1). JurnalDakwah dan Komunikasi, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 21-40, may 2019. ISSN 2548-3366.
doi:http://dx.doi.org/10.29240/jdk.v4i1.877.
Putra, Muhlas Adi, and Muhamad Abdul Ghofur. ―Pola Komunikasi Organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Di Kota Malang.‖ JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 7, no. 2 (2019).
Sahabuddin, Chuduriah. ―Hubungan Komunikasi Belajar Mengajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Kabupaten Majene.‖ Pepatudzu: Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan 10, no. 1 (2016): 17–30.
Sari, Dewi Listina, Siti Rochanah, and Amril Muhammad.―Manajemen program standari sasi dan sertifikasi kompetensi di badan pengembangan sdm kementerian dalam negeri.‖ Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan 4, no. 2 (2017): 223–237.
Sholikah, Lailatus. ―Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru Terhadap Minat Belajar Aqidah Akhlak Siswa Di MtsN 4 Tulungagung,‖ 2018.
Suhartini, Yati. ―Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Berwiraswasta.‖ Jurnal Akmenika UPY 7 (2011).
Sunarto, A. ―Paradigma Nahdlatul ‗ulama Terhadap Modernisasi.‖ Jurnal Sosiologi Islam 3, no. 2 (2013).
Suprapto, Hugo Aries. ―Pengaruh Komunikasi Efektif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa.‖ Khazanah Pendidikan 11, no. 1 (2018).
Thaha, Rasyid. ―Penataan Kelembagaan Pemerintahan Daerah.‖
GOVERNMENT: Jurnal Ilmu Pemerintahan 2, no. 1 (2016): 39–62.
Warsah, Idi. ―Interkoneksi Pemikiran Al-GhazÄli Dan Sigmund Freud Tentang Potensi Manusia.‖ Kontekstualita 32, no. 01 (January 26, 2018). http://ejournal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/Kontekstualita/article/view/30.
———. ―Islamic Psychological Analysis Regarding To Raḥmah Based
Education Portrait At IAIN Curup.‖ Psikis : Jurnal Psikologi Islami 6, no. 1 (June 1, 2020): 29–41. https://doi.org/10.19109/psikis.v6i1.3941.
———. ―Pendidikan Keimanan Sebagai Basis Kecerdasan Sosial Peserta Didik: Telaah Psikologi Islami.‖ Psikis : Jurnal Psikologi Islami 4, no. 1 (June 8, 2018): 1–16. https://doi.org/10.19109/psikis.v4i1.2156.
Warsah, Idi, and Muhamad Uyun. ―Kepribadian Pendidik: Telaah PsikologiIslami.‖ Psikis : Jurnal Psikologi Islami 5, no. 1 (June 18, 2019): 62–73. https://doi.org/10.19109/Psikis.v5i1.3157.
Wekke, Rafiuddin Afkari dan Ismail Suardi. Intelektual Mahasiswa Islam.Deepublish, 2018.
Widyanti, Hanny, and M. Turhan Yani. ―Pembentukan Karakter Siswa Melalui Program Lima S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) di SMA Negeri 1
Sidoarjo.‖ Kajian Moral Dan Kewarganegaraan 3, no. 2 (2014): 784–798.
Yasser, Bram Mohammad. ―Pengujian Unsur Penyalahgunaan Wewenang Pada Peradilan Tata Usaha Negara Dalam Kaitannya Dengan Tindak Pidana Korupsi.‖ Soumatera Law Review 2, no. 1 (2019): 1–24.Zainuddin, M. Nalar Pergerakan: Antologi Pemikiran PMII. Naila Pustaka, 2015
Zakaria, Indra. ―Penanaman Sikap Sopan Santun Melalui Keteladanan Guru diSMP Negeri 1 Buduran Kabupaten Sidoarjo.‖ Kajian Moral Dan Kewarganegaraan 2, no. 4 (2016)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Dakwah dan Komunikasi agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).