Peran Organisasi Ekstra Kampus Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Mahasiswa

Authors

  • Emeraldo Wahyu Nugroho IAIN Curup
  • Idi Warsah IAIN Curup
  • M. Amin IAIN Curup

DOI:

https://doi.org/10.29240/jdk.v5i2.2156

Keywords:

organisasi Ekstra Kampus, PMII, Kemampuan Komunikasi

Abstract

Penelitian bertujuan penemukan gambaran tentang peran organisasi
ekstra kampus terutama organisasi pergerakan Mahasiswa Islam
Indonesia (PMII) bagi peningkatan kemampuan berkomunikasi
mahasiswa Pendidikan Agama Islam IAIN Curup. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dan informan penelitiannya adalah
mahasiswa program studi PAI yang tergabung dalam organisasi PMII
Cabang Curup. Data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul lalu dianalisis
dengan menggukana tahapan versi Miles, Haberman dan Saldana, yaitu
Reduksi data, Penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini
memperoleh simpulan bahwa organisasi ekstra PMII dapat mengasah kemampuan komunikasi yang sagat diperlukan oleh mahasiswa sebagai
calon pendidik melalui sistem pengkaderan baik formal maupun nonformal dan PMII memberi ruang untuk mahasiswa agar bisa mengikuti
seminar atau pelatihan yang tidak didapatkan di tempat lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alamsyah, Andi Rahman, Abdi Rahmat, Ardy Cresna Crenata, Harry Bawono, Jauharul Anwar, Langgeng Prima Anggradinata, M. Didit Saleh, and Muhammad R. Damm / Triyanto. Gerakan Pemuda Ansor: Dari Era Kolonial hingga Pascareformasi. Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2018.

Alfiana, Arini Dwi. ―Regulasi Diri Mahasiswa Ditinjau Dari Keikutsertaan Dalam Organisasi Kemahasiswaan.‖ Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan 1, no. 2 (2013): 245–259.

Anggraini, Fransiska Silvia Novinda, Azhar Haq, and Fita Mustafida.

―Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya 5s (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun).‖ JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 2 (2019): 147–153.

Aqsar, Muhammad Aidil. ―KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN.‖ ALHADI 3, no. 2 (2018): 699–706. Arif, Syaiful. Gus Dur dan Ilmu Sosial Transformatif. Penerbit Koekoesan, 2009.

Arnata, I. Wayan, and Sutarjo Surjoseputro. ―Evaluasi Soft Skills Dalam Pembelajaran Mahasiswa Baru Di Fakultas Teknologi PertanianUniversitas Udayana.‖ Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP) 21, no. 1 (2015): 01–09.

Arrozy, Ahmad Mujahid. ―Antara Jakarta dan Yogyakarta: Gerakan Mahasiswa Islam Pada Masa Orde Baru,‖ 2013.

Budiman, Ibnu. Geopolitik Islam Kampus: UI: Indonesia, Islam, dan Ikhwah (n). GrePublishing, 2014.

Colorafi, Karen Jiggins, and Bronwynne Evans. ―Qualitative DescriptiveMethods in Health Science Research.‖ Herd: Health Environments Research & Design Journal 9, no. 4 (2016): 16–25.

Damayanti, Rica, and Oksiana Jatiningsih. ―Sikap Sopan Santun Remaja

Pedesaan Dan Perkotaan Di Madiun.‖ Kajian Moral Dan Kewarganegaraan

, no. 2 (2014): 912–926.

Gumilang, Galang Surya. ―Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang

Bimbingan Dan Konseling.‖ Jurnal Fokus Konseling 2, no. 2 (2016).

Hadi, Sumasno. ―Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada

Skripsi.‖ Jurnal Ilmu Pendidikan 22, no. 1 (2017).

Hakki, Ahmad Sultra Rustan dan Nurhakki. Pengantar Ilmu Komunikasi.

Deepublish, 2017.

Hasanah, Hasyim. ―Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode

Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial).‖ At-Taqaddum 8, no. 1

(2017): 21–46.

Hashimov, Elmar. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook and The Coding

Manual for Qualitative Researchers: Matthew B. Miles, A. Michael Huberman,

and Johnny Saldaña. Thousand Oaks, CA: SAGE, 2014. 381 Pp. Johnny

Saldaña. Thousand Oaks, CA: SAGE, 2013. 303 Pp. Taylor & Francis,

Ida, Laode. NU Muda: Kaum Progresif Dan Sekularisme Baru. Erlangga, 2004.

Jamalludin, Jamalludin. ―Manfaat Media Komunikasi dalam Pendidikan dan

Pembelajaran.‖ At-Tabligh 1, no. 1 (2016): 14–26.

Jubaedah, Siti. ―Gerakan Mahasiswa (Kajian Tentang Peranan Mahasiswa

Universitas Trisakti Pada Mei 1998 Dalam Proses Pergantian Kekuasaan

Orde Baru).‖ Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah 8, no. 2 (2019): 18–40.

Kurniwan, Yosua, and Ayub Ilfandy Imran. ―Pengaruh Efektivitas Komunikasi

Instruksional Pelatih Sekolah Sepakbola Ketika Pertandingan

Berlangsung Terhadap Kinerja Pemain (Studi Kuantitatif Pada Pemain

U-10 Ssb Uni Bandung).‖ EProceedings of Management 5, no. 1 (2018).

Lanani, Karman. ―Belajar Berkomunikasi Dan Komunikasi Untuk Belajar Dalam

Pembelajaran Matematika.‖ Infinity Journal 2, no. 1 (2013): 13–25.

Manalu, Effendi, and Ria Mei Christina Saragih. ―Meningkatkan Kemampuan

Kognitif Siswa Melalui Model Pembelajaran Student Facilitator and

Explaining Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Sei Rotan.‖

Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed 1, no. 2 (2014).

Marlina, Marlina. ―Teori Behavior Dalam Meningkatkan Motivasi Hafalan Surat

Pendek Al-Quran.‖ Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam 6, no. 4 (2018): 407–426.

Marsono, Marsono. ―Peningkatan Kemampuan Menyusun Silabus Mulok Kebencanaan Melalui Pelatihan Bagi Guru Kelas Atas.‖ Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan 11, no. 2 (2019): 103–116.

Miles, Matthew B., M. A. Huberman, and J. Saldana. ―Qualitative Analysis: An Expanded Sourcebook.‖ Thousand Oaks, CA: Sage, 1994.

Miles, Matthew B., M. A. Huberman, and Johnny Saldana. ―Drawing and Verifying Conclusions. Qualitative Data Analysis: A Methods

Sourcebook,‖ 2014.

Moleong, Lexi J. Methodology of Qualitative Research. Bandung: Remaja Rosda Karya,

Mukhlis, Mukhlis. ―Retorika Komunikasi Verbal Bagi Calon Guru,‖ 2017.

———. ―Retorika Komunikasi Verbal Bagi Calon Guru,‖ 2017.

Murti, Dian Citra, and Wisnu Sri Hertinjung. ―Peran Daya Juang Dengan

Prestasi Tahfidzul Quran.‖ Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi 2, no. 1

(2017).

Pertiwi, Mustika Cahyaning, Awang Sulistiyawan, Irma Rahmawati, and Honest

Ummi Kaltsum. ―Hubungan Organisasi Dengan Mahasiswa Dalam

Menciptakan Leadership,‖ 2015.

PUTRA, robby aditya. Diskursus Branding Perempuan Pondok Pesantren di Instagram (Studi Kasus Pondok Pesantren Modern Gontor Putri 1). JurnalDakwah dan Komunikasi, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 21-40, may 2019. ISSN 2548-3366.

doi:http://dx.doi.org/10.29240/jdk.v4i1.877.

Putra, Muhlas Adi, and Muhamad Abdul Ghofur. ―Pola Komunikasi Organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Di Kota Malang.‖ JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 7, no. 2 (2019).

Sahabuddin, Chuduriah. ―Hubungan Komunikasi Belajar Mengajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Kabupaten Majene.‖ Pepatudzu: Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan 10, no. 1 (2016): 17–30.

Sari, Dewi Listina, Siti Rochanah, and Amril Muhammad.―Manajemen program standari sasi dan sertifikasi kompetensi di badan pengembangan sdm kementerian dalam negeri.‖ Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan 4, no. 2 (2017): 223–237.

Sholikah, Lailatus. ―Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru Terhadap Minat Belajar Aqidah Akhlak Siswa Di MtsN 4 Tulungagung,‖ 2018.

Suhartini, Yati. ―Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Berwiraswasta.‖ Jurnal Akmenika UPY 7 (2011).

Sunarto, A. ―Paradigma Nahdlatul ‗ulama Terhadap Modernisasi.‖ Jurnal Sosiologi Islam 3, no. 2 (2013).

Suprapto, Hugo Aries. ―Pengaruh Komunikasi Efektif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa.‖ Khazanah Pendidikan 11, no. 1 (2018).

Thaha, Rasyid. ―Penataan Kelembagaan Pemerintahan Daerah.‖

GOVERNMENT: Jurnal Ilmu Pemerintahan 2, no. 1 (2016): 39–62.

Warsah, Idi. ―Interkoneksi Pemikiran Al-GhazÄli Dan Sigmund Freud Tentang Potensi Manusia.‖ Kontekstualita 32, no. 01 (January 26, 2018). http://ejournal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/Kontekstualita/article/view/30.

———. ―Islamic Psychological Analysis Regarding To Raḥmah Based

Education Portrait At IAIN Curup.‖ Psikis : Jurnal Psikologi Islami 6, no. 1 (June 1, 2020): 29–41. https://doi.org/10.19109/psikis.v6i1.3941.

———. ―Pendidikan Keimanan Sebagai Basis Kecerdasan Sosial Peserta Didik: Telaah Psikologi Islami.‖ Psikis : Jurnal Psikologi Islami 4, no. 1 (June 8, 2018): 1–16. https://doi.org/10.19109/psikis.v4i1.2156.

Warsah, Idi, and Muhamad Uyun. ―Kepribadian Pendidik: Telaah PsikologiIslami.‖ Psikis : Jurnal Psikologi Islami 5, no. 1 (June 18, 2019): 62–73. https://doi.org/10.19109/Psikis.v5i1.3157.

Wekke, Rafiuddin Afkari dan Ismail Suardi. Intelektual Mahasiswa Islam.Deepublish, 2018.

Widyanti, Hanny, and M. Turhan Yani. ―Pembentukan Karakter Siswa Melalui Program Lima S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) di SMA Negeri 1

Sidoarjo.‖ Kajian Moral Dan Kewarganegaraan 3, no. 2 (2014): 784–798.

Yasser, Bram Mohammad. ―Pengujian Unsur Penyalahgunaan Wewenang Pada Peradilan Tata Usaha Negara Dalam Kaitannya Dengan Tindak Pidana Korupsi.‖ Soumatera Law Review 2, no. 1 (2019): 1–24.Zainuddin, M. Nalar Pergerakan: Antologi Pemikiran PMII. Naila Pustaka, 2015

Zakaria, Indra. ―Penanaman Sikap Sopan Santun Melalui Keteladanan Guru diSMP Negeri 1 Buduran Kabupaten Sidoarjo.‖ Kajian Moral Dan Kewarganegaraan 2, no. 4 (2016)

Downloads

Published

2020-11-30

Issue

Section

Articles