Strategi Peliputan Berita Wartawan Majalah Suluh

Ahmad Nabiri Adi Manggolo, Siswanto Siswanto, Musthofa Musthofa

Abstract


Sebuah berita yang baik tidak lahir begitu saja dari tinta yang dibangun dari meja redaksi belaka. Berita yang baik dibangun melalui keringat panas terik matahari dan kebekuan dinginnya malam. Berita yang baik menampilkan hal-hal yang tak terlihat oleh khalayak umum, menyusuri lembah-lembah kebejatan moral manusia, dan melintasi setiap dimensi kehidupan sosial, budaya, politik dan apa saja yang menjadi wilayah kehidupan bagi setiap manusia. Majalah SULUH merupakan dimensi yang tak terlihat itu. Ditengah gemerlapnya media masa komersial, Majalah SULUH tetap bertahan dengan wacana-wacana klasik yang diolah sekan menjadi modern. Ditengah himpitan keterbatasan modal, Majalah SULUH tetap terbit dengan oplah yang relatif cukup baik. Proses peliputan berita dari Malalah SULUH itu sendiri dan proses penggalian beritanya, dan lebih khusus lagi yang melalui wawancara. Adapun hasil dari penelitian ini antara lain yaitu majalah SULUH sebagai majalah antar-iman (interfaith) yang terbit dwi-bulanan didesain melalui grand tema (tema besar) yang dirapatkan pada setiap awal tahun. Majalah SULUH menyampaikan pesan-pesan atau isu-isu pentingnya dalam satu rubrik yang disebut rubrik “TOPIK”. Pada rubrik “TOPIK” Majalah SULUH, kemdian kami menganalisa proses tranformasi dari sebuah realita atau peristiwa menjadi sebuah berita atau tulisan. Dimana dalamproses ini jualah penulis menemukan starategi peliputan yang unik yang tidak penulis temukan pada media masa umumnya, yakni sebuah laporan atau berita yang content/isi berita banyak diambilkan dari studi kepustakaan, dari pada mengambilnya dari sebuah realita yang terjadi di masyarakat.

Keywords


Strategi, Peliputan Berita

Full Text:

PDF

References


Alief, “Teknik Mengumpulkan Berita”. http//aliefnews.wordpress.com Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Melton Putra Assegaf, Djafar, Jurnalistik Masa Kini. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1983.Brandt, Torben, MakalahJurnalisme Radio Sebuah Panduan Praktis. Yogyakarta: UGM, 2002.Bungin, Burhan, Analisis Data Penelitian KualitatifPT Raja Grafindo Persada, 2005Dwi, Kristina, Dasar-dasar jurnalistik. http://id.Pelitaku. sabda. orgEffendy, Onong Uchjana, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006.Hadi, Strisno, Metodologi Research Jilid II, Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM, 1978.Haris, AS Sumadiria, Jurnalistik Indonesia: Menulis Berita dan Feature, (Bandung: Simbiosis Rekatema, 2006.Irawan Riyati, dkk., Tanya Jawab Dasar-Dasar Jurnalistik,Bandung: ARMICO, 1981.J.S Badudu, dan Sutan Mohammad Zain, Kamus Bahasa Indonesia umum. Cet ke-4 Jakarta: Pustaka Sinar Harapan , 2001.Komaruddin, Kamus Karya Tulis IlmiahJakarta: Bumi Aksara, 2006. Kusumaningrat, Hikmat. Kusumaningrat, Purnama, Jurnalistik Teori dan Praktek, Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2005.Lembaga Pengkajian Kebudayaan Nusantara (LPKN), Kamus Besar Ilmu Pengetahuan. Jakarta, 1997.Majalah SULUH: Billingual Interfaith Magazine, Edisi 43, 44, 45, 46, 47 dan 48 Tahun 2009.

, Ali, Strategi Kebudayaan. Jakarta: CSIS, 1978.Muflihah, Atina, Strategi Pemasaran Radar Jogja dalam Memperluas Pasar di Yogyakarta. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2007.Ngafuan Muhammad.Memburu Uang Dengan Jurnalistik,Solo:CV.AnekaIlmu, 1995.Patmono S. K, Teknik Jurnalistik, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1996.Syamsul Asep M. Romli, Jurnalistik Praktis Untuk Pemula. Bandung: PT. RosdaKarya, 2006.Santana Septiawan Kurniawan.,Jurnalisme Investigasi,(Jakarta: Yayasan OBOR Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29240/jdk.v5i2.2150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ahmad Nabiri Adi Manggolo, Siswanto Siswanto, Musthofa Musthofa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

CrossrefMorarefGoogle ScholarDimensionsPKP Index



free web stats JDK's Visitors
Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.