Pemanfaatan Internet dan Agenda Setting Media Massa

Authors

  • Yuyun Yumiarti Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
  • Bakti Komalasari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup

DOI:

https://doi.org/10.29240/jdk.v5i1.1610

Keywords:

Pemanfaatan Internet, Agenda Setting, Siswa MA

Abstract

Siswa MA dan pesantren harus selalu mengupdate ilmu dan informasi serta mampu mengunakan dan menguasai teknologi informasi, salah satunya dengan pemanfaatan internet.Tulisan ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan internet sebagai referensi siswa MA?bagaimana hambatan dalam pemanfaatan internet oeleh siswa?  serta bagaimana agenda setting media mempengaruhi persepsi siswa terhadap informasi yang bersumber dari media massa?Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan internet sebagai oleh siswa MA dipengaruhi beberapa faktor: 1) faktor eksternal, seperti ketersediaan media, 2) faktor internal, antara lain adalah motif kognitif dan afektif. Siswa masih belum memanfaatkan internet sebagai salah satu sumber referensi utama dalam belajar.Buku dan modul masih merupakan sumber referensi utama siswa MA.Pemanfaatan internet oeleh siswa MA masih didominasi sebagai hiburan. Hambatan siswa dalam pemanfaatan internet sebagai sumber referensi antara lain: akses internet yang terbatas, kurangnya pemahaham tentang fitur-fitur internet, pemanfaatan internet untuk komunikasi dan hiburan, disfungsi media massa antara lain  pertama, kepatuhan sosial lari dari kesibukan serta memungkinan penciptakan kepanikan, penekanan berlebihan pada objek tertentu.Persepsi siswa terhadap informasi yang bersumber dari media massa, sebagian siswa dalam mencari referensi dari internet tidak terlalu mementingkan kredibilitas komunikator. Dalam mencari kebutuhan informasi sebagian besar siswa melihat judul yang bombastis dan sensasional.Siswa MA merupakan khalayak aktif yang memilih media berdasarkan kebutuhan mereka. Media ikut menentukan apa agenda penting atau informasi penting bagi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sumber Buku

Cangara, Hafied. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta, Remaja Geafindo Persada: 2015

DeVito, Joseph A. Komunikasi Antarmanusia: Kuliah Dasar Edisi Kelima, Jakarta, Professional Books: 1997

Effendy, Onong Uchjana. Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung, Remaja Rosdakarya: 2003

Griffin, Emmory. Communication theory: A first look. New York, McGrawHill: 1991

Hadari Hanawi, Metode Penelitian Bidang Sosial, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta: 1990

Littlejohn, Stephen W., and Karen A. Foss. Encyclopedia of communication theory. Vol. 1. Sage: 2009.

Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung, Remaja Rosdakarya:2007

Nurudin.Komunikasi Massa, Cespur, Yogyakarta: 2004

Severin, Werner J dan James W. Tankard, Jr. Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa, Jakarta, Kencana: 2008

Sugiono.Memahami Penelitian Kualitatif: Dilengkapi Contoh Proposal dan Laporan Peneltian, Bandung, Alfabeta: 2008

Tubbs, Stewart L dan Sylvia Moss. Human Communication: Konteks-Konteks Komunikasi, Bandung, Remaja Rosdakarya: 2001

Jurnal

Adinda Tessa Naumi dan Bakti Komalasari. (2018).Analisis Penggunaan InternetSebagai Referensi Mahasiswa STAIN Curup (Studi Manfaat dan Media Massa).JDK : Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 3 (1), 59-78

doi: http://dx.doi.org/10.29240/jdk.v3i1

PUTRA, Robby Aditya. Manajemen Konflik dalam Film My Name Is Khan Perspektif Konsep Dakwah. Ath Thariq Jurnal Dakwah dan Komunikasi, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 159-172, dec.

https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v1i02.1013.

Doni Winarso dan Syahril, dkk. (2017). Pemanfaatan Internet Sehat Menuju Kehidupan Berkemajuan. Jurnal Untuk Mu NegeRI, 1(1), 19-23

Downloads

Published

2020-05-31

Issue

Section

Articles