Membangun Efektifitas Dakwah Dengan Memahami Psikologi Mad’u
DOI:
https://doi.org/10.29240/jdk.v4i2.1251Keywords:
Aktifitas, Dakwah, Psikologi Mad'uAbstract
Bangsa Indonesia saat ini tengah terpuruk dalam krisis multi dimensional, krisis kepercayaan (amanah), krisis moral, ekonomi, sosial politik dan budaya. Bangsa ini pun sedang mengalami krisis nilai-nilai insani, keringnya nilai-nilai spiritual, terjadinya perubahan sosial dan sosial keagamaan, termasuk perubahan tradisional kepada modern. Oleh karena itu, gerakan dakwah sudah menjadi keharusan yang sangat dibutuhkan dan tidak boleh ditunda-tunda untuk menghadapi tantangan dan krisis multi dimensional itu. Aktivitas dakwah akan senantiasa bersentuhan langsung dengan masyarakat dan berhadapan dengan berbagai realitas persoalan kehidupan manusia, maka dakwah harus dilakukan secara terencana, memiliki konsep yang jelas, terukur, terorganisir dan bahkan dapat dievaluasi. Dakwah harus tampil secara aktual, faktual dan kontekstual. Dakwah hendaklah disampaikan dengan cara yang baik, bijak, penuh hikmah, penuh perhatian, keseriusan, niat yang ikhlas, dengan tetap memperhatikan psikologi mad’u agar pesan moral dan nilai-nilai luhur ajaran agama yang disampaikan dalam dakwah dapat diterima dan dicerna.
Downloads
References
Aripudin, Acep dan Syukriadi Sambas. 2007. “Dakwah Damai: Pengantar Dakwah Antarbudaya”. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mubarok, Ahmad. 2008. “Psikologi Dakwah”. Cetakan keempat. Jakarta: Pustaka Firdaus.
Anida. 2004. “Dakwah Kekinian tentang Masyarakat, Budaya Pop, Etnik dan Teknologi”. Majalah Ilmiah. Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah. Fakultas Dakwah IAIN Sunan Gunung Djati Bandung, Volume 6 Nomor 12/Januari 2004.
Syukir, Asmuni dalam Samsul Munir Amin. 2008. "Rekontruksi Pemikiran Dakwah Islam". Jakarta: Amzah.
Ali, Baharudin. “Prinsip-prinsip Dakwah Antarbudaya”. Jurnal Tabligh: Media Pengkajian Dakwah dan Komunikasi Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar, Edisi XXV/Juni 2012.
Enjang AS. “Smart Dakwah: Proses Dakwah Sesuai dengan Aspek Psikologi Mad’u”. Jurnal Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies. Fakultas Dakwah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Vol. 4 No. 12/Juni-Desember 2008.
Enjang dan Aliyudin. 2009. “Dasar-dasar Ilmu Dakwah”. Bandung: Widya Padjadjaran.
Izmuddin, Iiz. "Hukum dan Etika Dakwah". Jurnal Hukum Islam “Al-Hurriyah” P3M STAIN Sjech Djamil Jambek-Bukit Tinggi, V0l. 10, No. 1, Januari – Juni 2009.
Jurnal Ilmu Dakwah. Fakultas Dakwah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Vol. 3 No. 6/Juli-Desember 2005.
Jurnal Ilmu Dakwah. Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Jati Bandung. Vol. 4. No. 11. Januari – Juni 2008.
Ghazali, M. Bahri. 1997. "Dakwah Komunikatif: Membangun Kerangka Dasar Ilmu Komunikasi Dakwah". Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Puteh, M. Jakfar. 2006. “Dakwah di Era Globalisasi: Strategi Menghadapi Perubahan Sosial”. Cetakan Ketiga. Yogyakarta: Ak. Group.
Faridl, Miftah. 2005. “Cahaya Ukhuwah”. Bandung: Ikhtiar Publishing.
Suparta, Munzier dan Harjani Hefni (ed.). 2006. “Metode Dakwah”. Cetakan ke-2. Jakarta: Kencana.
Rukmana D.W., Nana. 2002. “Masjid dan Dakwah: Merencanakan, Membangun dan Mengelola Masjid Mengemas Sbstansi Dakwah Upaya Pemecahan Krisis Moral dan Spiritual”. Jakarta: Almawardi Prima.
Mubarok, Ahmad. 2008. “Psikologi Dakwah”. Cetakan keempat. Jakarta: Pustaka Firdaus.
Faizah dan Lalu Muchsin Effendi. 2006. "Psikologi Dakwah". Jakarta: Kencana.
Rosyidi. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Dakwah Aktif Partisipatif”. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam “Komunitas”, Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) IAIN Raden Intan Bandar Lampung, Vol. 27, No. 1, Juni 2009.
Amin, Samsul Munir. 2008. "Rekontruksi Pemikiran Dakwah Islam". Jakarta: Amzah.
Ilaihi, Wahyu. “Dakwah Sebagai Solusi Perdamaian Global”. Congress Proceeding Fak. Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya bekerjasama dengan APDI/Asosiasi Profesi Dakwah Islam Indonesia, 2009).
Attarmizi, Yoga Ad. dan M. Yajid Kalam. 1999. “KH. Moh. Ilyas Ruhiat: Ajengan Santun dari Cipasung”. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zainudin. "Dakwah Transformative: Studi tentang Amar Makmur Nahi Munkar dalam Surat Ali Imran Ayat 11)". Jurnal PMI. Vol. IV. Nomor 2, Maret 2007.
Internet:
Melalui: < http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya > [27/09/2011].
Melalui: < http://ishthesyndicate.blogspot.com/2013/06/psikologi-dakwah-antar-budaya.html > [04/10/2013].
Melalui: < http://kabarnetwordpress. com/2010/02/26/peran-mahasiswa-sebagai-dai-ditengah-umat/ > [7/10/2011].
Melalui: < http://makalah-ibnu.blogspot.com/2008/10/peran-psikologi-dalam-proses-dakwah.html > [04/10/2013].
Melalui: < http://www. sunangunungdjati.com/blog/?p=10075 > [16/10/2011].
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Dakwah dan Komunikasi agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).