Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Pembelajaran

Sutarto Sutarto

Abstract


Individu dapat mengembangkan pengetahuannya sendiri. Artinya adalah pengetahuan yang dimiliki oleh setiap individu dapat dibentuk oleh individu sendiri melalui interaksi dengan lingkungan yang terus-menerus dan selalu berubah. Dalam berinteraksi dengan lingkungan, individu mampu beradaptasi dan mengorganisasikan lingkungannya, sehingga terjadi perubahan dalam struktur kognitifnya, pengetahuan, wawasannya dan pemahamannya semakin berkembang. Individu juga mampu memodivikasi pengalaman yang diperoleh melalui lingkungan, sehingga melahirkan pengetahuan atau temuan-temuan baru. Oleh karena itu, proses pendidikan bukan hanya sekedar transfer of knowledge, tetapi juga bagaimana merangsang struktur kognitif inadividu mampu melahirkan pengetahuan dan temuan-temuan baru. Kedua, perlu adanya individualisasi dalam pembelajaran. Artinya, dalam proses pembelajaran, perlakuan terhadap individu harus didasarkan pada perkembangan kognitifnya. kunci keberhasilan dalam belajar terletak pada kebermaknaan bahan ajar yang diterima atau yang dipelajari oleh siswa. Dalam proses pembelajaran guru harus mampun memberikan sesuatu yang bermakna bagi siswa. Belajar dengan menghafal dan ceramah dapat menemukan sesuatu yang bermakna, asal dilakukan secara sistematis, menjelaskan dan menghubungkan antara konsep yang satu dengan konsep lainnya, menguhubungkan konsep yang baru dengan konsep yang telah dimiliki oleh siswa. Sebaliknya, belajar penemuan akan menjadi kurang bermakna, apa bila dilakukan dengan coba-coba dan tidak sistematis. Kedua, belajar bermakna akan berhasil apabila ada motivasi intrinsik dari dalam diri siswa. Dengan adanya motivasi intrinsik ini akan menumbuhkan minat dalam diri individu, dan menggerakkan individu untuk mempersiapkan diri untuk belajar, baik mempersiapkan diri secara fisik maupun psikis.

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetya, 2005, Strategi Belajar Mengajar, Bandung : CV. Pustaka Setia

___________,dan Widodo Supriyono, 1991, Psikologi Belajar, Jakarta : Rineka Cipta

___________,dan Munawar Sholeh, 2005, Psikologi Perkembangan, Jakarta : Rineka Cipta

Agus Suyanto, 1990, Psikologi Perkembangan, Jakarta: PT. Aksara Baru

Ahmad Muzakir dan Joko Sutrisno, 1997, Psikologi Pendidikan: untuk Fakultas Tarbuyah Komponen MKBK, Jakarta: Pustaka Setia

A. Muri Yusuf, 2011, Asesement dan Evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan, Padang: UNP Press

Al Rasyidin & Wahyudin Nur Nasution, 2011, Teori Belajar dan Pembelajaran, Medan : Perdana Publishing

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni, 2011, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Ar Ruzz Media

Bambang Warsita, 2008, Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasi, Jakarta: Rineka Cipta

Bruner, J.S, 1966, Toward a Theory of Instruction, New York: Nation

C. Asri Budiningsih, 2005, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Crow, Lester & Alice Crow, 1984, Educational Psichologi: Psikologi Pendidikan: Buku I diterjemahkan oleh Z. Kasijan, Surabaya: Bina Ilmu

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2002, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka

Desmita, 2008, Psikologi Perkembangan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Dewi Purnama Sari, 2010, Psikologi Perkembangan Anak, Curup: LP2 STAIN Curup

Dimyati dan Muljiono, 2006, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Djaali, 2007, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Elida Prayitno, 1991, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta : Dirjen Dikti

Endang Purwanti Nur Widodo, 2005, Perkembangan Peserta Didik, Malang: UMM Press

Fauziah Nasution, 2011, Psikologi Umum: Buku Panduan untuk Fakultas Tarbiyah, Medan: IAIN SU Press

F.Hill, Winfred, 2011, Theories of Learning (Teori-teori dalam Pembelajaran, Konsepsi, Komparasi, dan Signifikan, Bandung: Nusa Media

Gredler, Margaret & E. Bell, 1991, Learning And Instruction Theory Into Practice. Mc.­Mi­lan Publishing Company. Diterjemah­kan oleh Munandir, Jakarta: Rajawali

Hamzah B. Uno, 2008, Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara

Haryanto Suyono, 2011, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya

Hartono. A dan Sunarto, 1992, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Depdikbud

Hendra Harmi, 2010, Teori Belajar dan Pembelajaran, Curup: LP2 STAIN

Hurlock, Elizabet. B, 1992, Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Manusia, Jakarta: Erlangga

Ida Bagus Putrayasa, 2013, Landasan Pembelajaran Bali: Undiksha Press

Kartini Kartono, 1995, Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan), Bandung: Mondar Maju

Made Pidarta, 1997, Landasan Kependidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta

Mimi Suharti, 2011, Perkembangan Peserta Didik, Padang: IAIN IB Press

Mohammad Jauhar, 2011, Implementasi PAIKEM dari Behaviorisme sampai Kontruktivistik: Sebuah Pengembangan Pembelajaran Berbasis CTL, Jakarta: Prestasi Pustaka

M. Ngalim Purwanto, 2004, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Muhaimin, 2012, Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidkan Agama Islam di Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyono Abdurrahman, 2003, Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta

Muhibbin Syah, 2010, Psikologi Pendidikan: Suatu Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya

Mustakim dan Abdul Wahab, 2003, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Nana Syaodih dan Sukmadinata, 2007, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Cet. IV, Bandung: Remaja Rosdakarya

Noval, J.D and D.B. Gowin, 1985, Learning ow to Learn Cambridge, Cambridge University Press

Ratna Wilis Dahar, 1988, Teori-teori Belajar, Jakarta: Direktorat P dan K

Santrock, J.W, 2004, Perkembangan Masa Hidup Jilid I, Jakarta, Erlangga

Sjarkawi, 2006, Pembentukan Kepribadian Anak: Peran Moral, Intelektual dan Sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri, Jakarta: Bumi Aksara

Slameto, 1995, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta

S. Nasution, 2010, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar , Jakarta: Bumi Aksara

___________, 1999, Didaktik Asas-asas Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara

Slaven, Robert. E, 2011, Educational Psycology: Theory and Practice. (America: The United States of America

Sumardi Suryabrata, 2006, Psikologi Pendidikan, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Syaiful Bahri Djamarah, 2002, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta

Syamsu Yusuf LN, 2008, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Jakarta, Remaja Rosdakarya

Trianto, 2007, Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Westy Soemanto. 2003, Psikologi Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta

Wingkel, WS, 1996, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Gramedia

Yatim Riyanto, 201, Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas, Jakarta: Kencana

Yusuf, dkk, 1993, Konsep Dasar dan Pengelolaan Kegiatan Belajar Mengajar, Bandung: Andira




DOI: http://dx.doi.org/10.29240/jbk.v1i2.331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sutarto Sutarto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

CrossrefMorarefGoogle ScholarDimensionsIndonesia One SearchPKP IndexBASE



free web stats Islamic Counseling's Visitors
Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.